Siapa bilang furnitur hanya terbatas pada kain, kayu, kaca, atau besi? Kini, hadir konsep inovatif yang akan membuat hunianmu menjadi lebih hijau dan asri: Furnitur Kebun Hidup. Dengan menghadirkan konsep biophilic design, furnitur kebun hidup memanfaatkan tanaman hidup sebagai material dan fungsi utama dari design furnitur, menggabungkan fungsi kebutuhan klasik dengan unsur alami yang membawa manfaat baik untuk kesehatan, keindahan dan keberlanjutan lingkungan.

Apa Itu Furnitur Kebun Hidup?

Furnitur kebun hidup adalah furnitur yang menggunakan tanaman hidup sebagai bagian dari desainnya. Tanaman-tanaman ini ditanam dalam pot atau taman kecil yang diletakkan di dalam atau mengelilingi bagian-bagian dari furnitur tersebut, seperti meja samping, rak buku, kabinet, atau bahkan tempat tidur. Fungsi dari tanaman ini baik untuk penghijauan hunian maupun peningkatan kesehatan penghuni, sementara bentuknya dapat disesuaikan dengan segala jenis furnitur, mulai dari gaya klassik, modern, minimalis, skandinavia, hingga industri.

Manfaat dari Furnitur Kebun Hidup

Furnitur kebun hidup bukan hanya sebagai dekorasi menarik yang menjadikan rumahmu tampak lebih segar dan hidup, tetapi juga memiliki banyak keuntungan lainnya:

1. Menyehatkan Udara

Tanaman hidup pada furnitur kebun hidup tidak hanya memberikan keindahan visual dari unsur alam, tetapi juga berfungsi untuk menyehatkan udara di dalam ruangan. Tanaman tinggi seperti Dracaena, Ficus, atau Snake plant dapat membantu menghilangkan toxin-toksin yang terdapat di udara dalam ruangan, dan menghasilkan oksigen lebih banyak, menjadikan udara lebih bersih dan segar.

Artikel Menarik Lainnya  Meja dan Kursi Plastik Outdoor: Solusi Praktis untuk Kegiatan Outdoor Anda

2. Menenangkan Pikiran

Furnitur kebun hidup dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh University of Technology Sydney, mengambil waktu selama 3 menit untuk memandangi tanaman hijau dapat menurunkan tingkat hormon stres seperti kortisol, meningkatkan konsentrasi, dan produktivitas kerja.

3. Memiliki Nilai Estetika Tinggi

Furnitur kebun hidup dapat memberikan nuansa elegan dan kayanya rasa budaya pada rumahmu. Dengan adanya tanaman hidup pada furnitur membuat ruangan nilai estetika semakin tinggi dan menjadikan rumah lebih menarik. Selain itu furnitur kebun hidup terasa lebih hidup dan berbeda, sebagaimana bentuk dan ukuran dari tanaman hidup yang diatur sedemikian rupa.

4. Ramah Lingkungan

Furnitur kebun hidup terbuat dari bahan-bahan alami dan tanaman hidup, menjadikan konsumsi bahan-bahan kimia menjadi berkurang dan lebih ramah lingkungan. Selain itu, konsep biophilic design dari furnitur kebun hidup memperhatikan siklus alaminya, dan memberikan kontribusi terhadap upaya pelestarian lingkungan.

Cara Merawat Furnitur Kebun Hidup

Sebagai furnitur yang memiliki unsur tanaman hidup, furnitur kebun hidup membutuhkan perawatan spesial agar lebih awet dan tetap hijau. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat furnitur kebun hidup:

1. Perhatikan Paparan Cahaya

Setiap jenis tanaman membutuhkan kondisi cahaya yang berbeda-beda. Sebelum menanam tanaman pada furnitur kebun hidup, pastikan kamu mengetahui kondisi cahaya yang tepat untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

2. Pemupukan

Pupuk sangat penting untuk mempertahankan kesehatan dan pertumbuhan tanaman. Gunakan pupuk alami agar lebih ramah lingkungan dan sesuai dengan konsep biophilic design dari furnitur kebun hidup.

3. Penyiraman

Tanaman pada furnitur kebun hidup juga membutuhkan aerasi yang baik. Siram tanaman secara teratur untuk menjaga tanah tetap lembab dan akar tanaman selalu terhidrasi dengan baik.

Artikel Menarik Lainnya  Korean Bedroom Furniture: Bringing Elegance and Comfort to Your Sleeping Space

4. Pemangkasan

Pemangkasan tanaman harus dilakukan secara teratur agar tanaman tetap sehat dan subur. Sesuaikan jadwal pemangkasan dengan jenis tanaman yang kamu gunakan, dan hindari pemangkasan berlebihan.

Kesimpulan

Furnitur kebun hidup adalah solusi inovatif bagi kamu yang ingin menghadirkan nuansa alami dalam rumahmu. Dengan menghadirkan konsep biophilic design pada furnitur, menjadikan rumahmu lebih ramah lingkungan, sehat, dan sekaligus menambah nilai estetika tinggi. Dalam merawat furnitur kebun hidup, kamu harus memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan dasar merawat tanaman. So, apa kamu sudah siap untuk menyambut furnitur kebun hidup dalam hunianmu?

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *