Pada umumnya, seseorang memiliki fireplace di rumah untuk tujuan menghangatkan ruangan. Namun, akhir-akhir ini muncul sebuah konsep unik yang membuat fireplace jadi semakin menarik. Hal tersebut adalah meja api, sebuah perabotan yang menggabungkan fungsi meja dengan fireplace.

Dengan menggunakan meja api, penghuni rumah akan memiliki tempat yang nyaman dan hangat untuk berkumpul bersama keluarga atau teman. Berikut ini adalah ulasan tentang meja api, termasuk cara kerja, jenis, dan manfaatnya.

Pengenalan Meja Api

Meja api adalah perabotan rumah tangga yang pertama kali dikembangkan di Inggris pada abad ke-17. Awalnya, meja api ini biasanya dipakai oleh kaum bangsawan untuk menghangatkan ruangan serta sebagai dekorasi. Namun, seiring berjalannya waktu, meja api juga menjadi populer di kalangan umum.

Dalam beberapa tahun terakhir, meja api sudah mulai muncul lagi sebagai trend dalam dunia dekorasi. Salah satu jenis meja api yang sedang naik daun adalah meja api serambi atau juga disebut fireplace coffee table.

Cara Kerja Meja Api

Meja api bekerja dengan prinsip pembakaran bahan bakar. Bahan bakar yang digunakan biasanya adalah wood logs atau batu bara. Ketika bahan bakar dibakar, maka kandungan air dan volatile di dalamnya akan terbakar dan biarkan remaining produk bernilai kalor tinggi. Panas yang dihasilkan kemudian dikumpulkan dan dipancarkan ke sekeliling, menghasilkan kehangatan yang menyenangkan.

Selain menggunakan wood logs dan batu bara, ada pula meja api yang menggunakan gas sebagai bahan bakar. Bahan bakar ini diubah menjadi gas yang membakar dengan panas tinggi. Proses pembakaran gas ini menghasilkan api yang seketika, dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Artikel Menarik Lainnya  Malm Bedroom Furniture: The Perfect Combination of Style and Functionality

Jenis Meja Api

Ada beberapa jenis meja api yang bisa dipilih. Pertama, adalah meja api kayu, yang biasanya menggunakan kayu untuk menjadi bahan bakar. Meja api ini berbeda dari bentuk meja api lainnya. Meja api kayu memiliki penutup pada atasnya sehingga ketika tidak digunakan tidak terlihat seperti fireplace pada umumnya.

Kedua, adalah meja api gas. Meja api ini lebih mudah untuk digunakan karena tidak membutuhkan tindakan pengisian bahan bakar dan perawatan seperti halnya dengan meja api kayu. Meja api gas sering disediakan dalam model yang lebih modern dibandingkan dengan meja api kayu.

Ketiga adalah meja api elektrik, untuk meja api jenis ini, listrik dipakai untuk memberikan tampilan seperti asap dan api, pada beberapa jenis juga mendekati tampilan api sebenarnya. Meja api elektrik lebih ramah lingkungan dan mudah dalam penggunaannya namun tidak bisa memberikan kehangatan seperti halnya dengan meja api kayu dan gas.

Manfaat Meja Api

Meja api memiliki beberapa manfaat yang membuatnya menjadi populer. Pertama, meja api mampu memberikan kehangatan dan kenyamanan pada ruangan. Dengan meja api ini, penghuni rumah dapat mengatasi rasa dingin pada musim dingin dan hujan.

Kedua, meja api juga dapat menjadi dekorasi yang menarik dalam ruangan. Meja api dengan desain yang unik akan membuat ruangan terlihat lebih menarik dan asyik untuk dijadikan tempat berkumpul.

Ketiga, meja api juga dapat memperkuat hubungan antar keluarga dan teman. Meja api menjadikan pada saat berkumpul, ruangan akan menjadi lebih hangat dan nyaman sehingga penghuni rumah dapat menikmati waktu mereka bersama secara bebas tanpa merasa kebekuan lagi.

Kesimpulan

Kehadiran meja api menjadi pilihan yang tepat bagi penghuni rumah yang menyukai kehangatan, kenyamanan, dan estetika dalam ruangan. Meja api hadir dengan berbagai jenis, cara kerja, dan manfaat yang pastinya akan memenuhi kebutuhan setiap orang.

Artikel Menarik Lainnya  Gaya Antik dalam Dekorasi Kamar Tidur

Dalam pemilihan meja api juga perlu mempertimbangkan spesifikasi di rumah, seperti dimensi, jumlah kamar yang akan dipasangkan meja api, dan keamanannya. Meja api bukan hanya hadir sebagai pemanas ruangan namun juga sebagai dekorasi yang memperindah ruangan. Jadi, cobalah untuk mempertimbangkan penggunaan meja api dalam dekorasi tempat tinggal Anda.

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *