Ingin mengubah tampilan suatu ruangan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam? Tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendekorasi suatu ruangan dengan biaya hemat. Berikut adalah beberapa tips dan trik untuk mendekorasi kamar Anda dengan anggaran yang terjangkau.

Mendaur Ulang Barang-Barang yang Ada

Sebelum membeli dekorasi baru, pastikan untuk mencari peluang dalam rumah Anda untuk menciptakan sesuatu yang baru. Dengan mendaur ulang barang-barang yang ada, Anda dapat menyelamatkan uang dan mengurangi limbah.

  1. Mengubah Bantal dan Guling
    Anda dapat mendaur ulang bantal dan guling lama dengan mengganti sarungnya. Beli kain yang sesuai dengan tema dekorasi dan buat sarung baru. Anda juga bisa mencoba mengubah ukuran bantal untuk menciptakan tumpukan bantal yang indah dan nyaman.

  2. Menata Ulang Rak Buku
    Dengan menata ulang rak buku, Anda dapat menciptakan tampilan yang baru dan menarik. Coba mengurutkan buku berdasarkan warna, dan tambahkan beberapa benda dekoratif ke antara buku-buku. Anda juga bisa mencoba menambahkan lampu kecil untuk memberikan sentuhan yang indah.

  3. Mengubah Kembali Foto Lama
    Buatlah album foto yang indah dengan mencetak foto-foto lama dan menyatukannya dalam album. Anda juga bisa mencoba mencetak foto-foto dalam bentuk polaroid dan menjepitnya dengan klem kayu atau gantungan dinding.

Menggunakan Aksesori yang Sesuai

Dalam kebanyakan kasus, aksesori merupakan elemen dekoratif yang paling terjangkau dan mudah digunakan. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan aksesori dengan cerdas.

  1. Menambahkan Puff atau Bantal Kecil
    Tambahkan beberapa puff dan bantal kecil ke dalam ruangan untuk memberikan sentuhan nyaman dan elegan. Tambahkan bantalan dengan warna yang sesuai dengan tema dekorasi untuk menciptakan nuansa yang lebih menyatu.

  2. Menambahkan Gorden
    Gorden dapat menambahkan warna dan pola ke dalam ruangan. Jika Anda memiliki jendela yang kecil, belilah gorden dengan ukuran yang besar dan biarkan melambangkan dinding. Ini akan membuat ruangan terlihat lebih lebar dan lebih terang.

  3. Menambahkan Cermin
    Menambahkan cermin ke dalam ruangan dapat memberikan efek yang luar biasa. Cermin dapat membantu memantulkan cahaya dan menciptakan ilusi keleluasaan ruangan. Anda juga bisa mencoba memasang cermin berukuran besar di atas meja makan atau di belakang sofa.

Artikel Menarik Lainnya  Dekorasi Kamar Tidur untuk Menciptakan Suasana yang Menenangkan

Menambahkan Warna

Menambahkan warna ke dalam ruangan dapat membawa kehidupan dan keceriaan. Berikut adalah beberapa cara untuk menambahkan warna ke dalam ruangan Anda.

  1. Mengecat Dinding
    Mengecat dinding dengan warna yang cerah dan tegas dapat memperbaharui tampilan ruangan. Anda bisa memilih warna yang cocok dengan tema dekorasi dan warna furnitur yang sudah ada. Pastikan juga untuk memilih kualitas cat yang baik untuk menghindari, cat yang mudah terkelupas.

  2. Menambahkan Karpet Berwarna Terang
    Menambahkan karpet berwarna terang dapat memberikan sentuhan ceria di ruangan Anda. Belilah karpet yang belum sempurna atau penyok untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Anda bisa mencoba memadukan warna karpet dengan warna furnitur di ruangan.

  3. Menambahkan Warna di Meja Kerja
    Jika Anda memiliki meja kerja di ruangan, tambahkan beberapa item yang berwarna untuk menciptakan tampilan yang terkoordinasi. Gunakan mug atau tumbler berwarna cerah, dan pilih accessories yang dengan warna yang terkoordinasi dengan sisa dekorasi.

Artikel yang Disarankan

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *