Ide Remodel Dapur dengan Menambahkan Island

Membuat tampilan dapur Anda lebih menarik dan fungsional seringkali mengharuskan Anda untuk melakukan beberapa perubahan besar dalam tata letak dapur. Salah satu cara yang populer adalah dengan menambahkan island ke dapur Anda.

Island dapur adalah tempat kerja yang ideal untuk mempersiapkan makanan, membersihkan peralatan dapur, dan bahkan menyajikan makanan. Jika Anda memiliki ruang yang cukup, menambahkan island dapat memberikan pilihan tambahan untuk mempersiapkan makanan, tempat duduk untuk santai sambil menikmati makanan atau bahkan bara api untuk memasak. Tidak hanya itu, island dapat memberikan penambahan estetika pada ruang dapur Anda.

Persiapan Sebelum Menambahkan Island

Sebelum menambahkan island, pastikan Anda merencanakan tata letak dapur Anda. Jangan hanya memasang island dan membiarkannya di tengah ruangan, pastikan juga island Anda berada pada jarak yang tepat dari dinding dan peralatan dapur Anda.

Anda juga harus mempertimbangkan ukuran island dan jenis bahan yang akan Anda gunakan untuk membuatnya. Sebelum membeli atau memesan island Anda, ukur ruang yang tersedia di dapur Anda untuk memastikan bahwa ukurannya sesuai.

Ide Remodel Dapur dengan Island

  1. Island untuk area memasak

Jika Anda suka memasak, island dapat memberikan ruang tambahan yang ideal untuk mempersiapkan makanan. Dengan menambahkan wastafel ke island, Anda dapat mempersiapkan dan membersihkan makanan Anda dengan mudah. Anda juga dapat memasang panel memasak, oven atau kompor di atas island agar makanan dapat langsung disajikan begitu selesai dimasak.

  1. Island untuk Tepi Dapur

Anda dapat menambahkan island ke tepi dapur jika Anda memiliki ruang yang lebih besar. Island tepi dapur dapat digunakan sebagai area untuk menyiapkan makanan, memberikan tempat duduk untuk santai, atau bahkan menonton TV saat masak-masak.

  1. Island untuk Ruang Makan Dapur
Artikel Menarik Lainnya  Mengubah Pulau Dapur Anda: Menyenangkan dan Menakjubkan!

Jika Anda memiliki ruang yang lebih besar dan ingin memberikan sentuhan mewah pada ruang dapur Anda, Anda dapat menambahkan island sebagai area makan. Island dapat dilengkapi dengan bangku dan meja sehingga dapat digunakan untuk makan atau meja tambahan saat tamu berkunjung.

  1. Island Saat Anda Memiliki Dua Dapur

Jika Anda memiliki dua dapur! Island dapat digunakan sebagai elemen penghubung antara kedua dapur. Island dapat digunakan sebagai area memasak dan ruang makan atau sebagai area mempersiapkan makanan.

  1. Island dengan Fungsi Multifungsi

Island dapat dirancang untuk memiliki fungsi lain selain mempersiapkan dan memotong bahan makanan. Anda dapat menambahkan kulkas ke island untuk menyimpan makanan dan minuman yang sering digunakan. Bahan-bahan lain juga dapat disimpan di laci khusus atau lemari.

Tips dan Pertimbangan saat Menambahkan Island

  1. Vaskulitis

Jika Anda ingin menambahkan wastafel ke island, pastikan Anda menghubungkannya dengan pipa dan pembuangan yang sesuai. Ingatlah bahwa penempatan wastafel pada island membutuhkan biaya tambahan untuk pemasangan saluran pembuangan.

  1. Electric

Jika Anda ingin menambahkan panel memasak atau oven ke island, pastikan ada saluran listrik yang cukup untuk mendukung kedua peralatan tersebut. Jika tidak, Anda perlu menambahkan saluran listrik tambahan ke island.

  1. Jenis bahan

Pilih material yang sesuai untuk island Anda, tergantung pada penggunaan yang diinginkan. Misalnya, bahan kayu adalah pilihan yang baik jika Anda ingin island dengan penampilan tradisional. Bahan stainless steel dan beton lebih tahan lama dan mudah dibersihkan.

  1. Jarak dan Sirkulasi

Pastikan bahwa ukuran island Anda sesuai dengan ukuran dapur Anda dan jangan lupa untuk memperhitungkan sirkulasi ruangan. Jangan sampai Anda menambahkan island yang membuat dapur Anda sempit dan sulit dipakai.

  1. Budget
Artikel Menarik Lainnya  Memperbaharui Dapur Anda dengan Ide-Ide Pembaharuan Kabinet

Menambahkan island mungkin membutuhkan biaya tambahan, tergantung pada bahan dan fitur yang Anda pilih. Pastikan Anda menetapkan anggaran yang terjangkau sebelum memulai.

Kesimpulan

Menambahkan island ke tata letak dapur Anda dapat memberikan penampilan yang lebih baik pada ruang dapur Anda dan meningkatkan fungsionalitasnya. Pastikan bahwa Anda mempertimbangkan gaya hidup Anda dan jenis penggunaan yang diinginkan sebelum menambahkan island, dan pastikan untuk memperhitungkan jumlah anggaran yang tersedia. Apapun jenis island yang Anda pilih, pastikan untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bibliografi

  1. The Kitchen Island Guide: Finding the Right Surface and Design – https://www.hgtv.com/design/rooms/kitchens/the-kitchen-island-guide
  2. Tips for Building the Perfect Kitchen Island – https://www.thisoldhouse.com/kitchens/21016497/tips-for-building-the-perfect-kitchen-island
  3. Kitchen Island Design Ideas and Tips From HGTV – https://www.hgtv.com/design/rooms/kitchens/20-dreamy-kitchen-islands-pictures-0119
Tania Evalina

About the author

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan