Tipe Rumah Minimalis Sederhana: Konsep, Ciri, dan Contoh

Rumah minimalis sederhana adalah salah satu tipe rumah yang banyak diminati oleh masyarakat modern. Konsep ini mengutamakan kesederhanaan bentuk, ruang, materialitas, detail, dan warna. Desain minimalis juga menunjukkan restraint yang hati-hati serta tata letak ruang untuk mendapatkan fungsi yang sesuai. Rumah minimalis sederhana bukan berarti rumah yang kecil, murah, atau tanpa dekorasi. Rumah minimalis sederhana adalah rumah yang mampu menciptakan ruang yang bersih, terorganisir, dan tenang dengan menggunakan elemen-elemen yang esensial dan berkualitas.

Konsep Rumah Minimalis Sederhana

Konsep rumah minimalis sederhana berasal dari pengaruh berbagai gerakan seni, arsitek terkenal, dan tradisi desain yang berkembang sepanjang abad ke-20. Beberapa pengaruh yang penting adalah sebagai berikut:

  • Gerakan seni De Stijl, yang berasal dari Belanda pada tahun 1917. Gerakan ini mengusung prinsip-prinsip geometris, abstrak, dan fungsional dalam karya seni mereka. Salah satu tokoh yang terkenal dari gerakan ini adalah Piet Mondrian, yang membuat lukisan-lukisan dengan garis-garis hitam dan kotak-kotak berwarna primer.
  • Ludwig Mies van der Rohe, seorang arsitek Jerman yang menjadi salah satu bapak arsitektur modern. Ia terkenal dengan motto "less is more", yang menggambarkan filosofi desainnya yang menghilangkan semua elemen yang tidak perlu dan memfokuskan pada keindahan struktural, bahan berkualitas, dan pencahayaan yang baik. Salah satu karyanya yang terkenal adalah The Farnsworth House, sebuah rumah kaca yang dibangun di Illinois, Amerika Serikat, pada tahun 1951.
  • Desain tradisional Jepang, yang mengandung nilai-nilai kesederhanaan, kesopanan, dan keseimbangan. Desain ini juga dipengaruhi oleh ajaran Zen, yang menekankan pentingnya meditasi, ketenangan, dan kesadaran. Desain tradisional Jepang banyak menggunakan material alami seperti kayu, bambu, batu, dan kertas. Salah satu contoh yang terkenal adalah rumah teh Jepang, yang merupakan tempat untuk upacara minum teh yang sarat dengan makna simbolis.
Artikel Menarik Lainnya  Ukuran Mushola dalam Rumah: Ideal, Minimalis, dan Inspiratif

Ciri Rumah Minimalis Sederhana

Rumah minimalis sederhana memiliki beberapa ciri yang khas, yang dapat dibedakan dari tipe rumah lainnya. Beberapa ciri tersebut adalah sebagai berikut :

  • Kesederhanaan, yang merupakan prinsip utama dari desain minimalis. Kesederhanaan ini dapat dilihat dari penggunaan bentuk, warna, material, dan detail yang sederhana, polos, dan bersih. Tidak ada ornamen, hiasan, atau aksesori yang berlebihan atau tidak berfungsi pada rumah minimalis sederhana.
  • Fungsi, yang merupakan tujuan dari desain minimalis. Fungsi ini dapat dilihat dari penggunaan ruang, perabotan, dan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan penghuni rumah. Tidak ada ruang, perabotan, atau pencahayaan yang sia-sia atau tidak berguna pada rumah minimalis sederhana.
  • Ruang terbuka, yang merupakan konsep dari desain minimalis. Ruang terbuka ini dapat dilihat dari penggunaan tata letak ruang yang luas, lapang, dan terhubung. Tidak ada sekat, dinding, atau pintu yang membatasi atau menghalangi ruang pada rumah minimalis sederhana.
  • Geometris, yang merupakan bentuk dari desain minimalis. Geometris ini dapat dilihat dari penggunaan bentuk-bentuk dasar seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, dan segitiga pada rumah minimalis sederhana. Tidak ada bentuk yang rumit, melengkung, atau asimetris pada rumah minimalis sederhana.
  • Garis, yang merupakan elemen dari desain minimalis. Garis ini dapat dilihat dari penggunaan garis-garis tegas, baik vertikal maupun horisontal, pada rumah minimalis sederhana. Tidak ada garis yang lembut, meliuk, atau berombak pada rumah minimalis sederhana.
  • Bukaan, yang merupakan sumber dari desain minimalis. Bukaan ini dapat dilihat dari penggunaan jendela, pintu, atau lubang angin yang besar dan banyak pada rumah minimalis sederhana. Bukaan ini berfungsi untuk memberikan pencahayaan alami, sirkulasi udara, dan pandangan luar pada rumah minimalis sederhana.
  • Warna, yang merupakan nuansa dari desain minimalis. Warna ini dapat dilihat dari penggunaan warna-warna netral atau alami dari material pada rumah minimalis sederhana. Warna-warna ini antara lain putih, hitam, abu-abu, coklat, krem, dan hijau. Tidak ada warna yang terang, mencolok, atau kontras pada rumah minimalis sederhana.
Artikel Menarik Lainnya  Macam-Macam Ukuran Selang Air dan Fungsinya

Contoh Rumah Minimalis Sederhana

Rumah minimalis sederhana dapat memiliki berbagai model, gaya, dan tema, sesuai dengan selera dan keinginan penghuni rumah. Berikut adalah beberapa contoh rumah minimalis sederhana yang dapat dijadikan inspirasi :

Nama Gambar Deskripsi
Mo House ![Mo House] Rumah minimalis sederhana yang dibangun di Madrid, Spanyol, oleh FRPO Rodriguez & Oriol Architecture. Rumah ini memiliki luas 295 meter persegi dan dibagi menjadi dua lantai. Rumah ini menggunakan warna putih dan abu-abu sebagai warna dominan, serta kayu sebagai material utama. Rumah ini memiliki ruang terbuka yang luas dan fleksibel, serta banyak bukaan yang memberikan pencahayaan alami.
IL House ![IL House] Rumah minimalis sederhana yang dibangun di Kyiv, Ukraina, oleh Igor Sirotov Architects. Rumah ini memiliki luas 162 meter persegi dan dibagi menjadi dua lantai. Rumah ini menggunakan warna hitam dan abu-abu sebagai warna dominan, serta beton, kaca, dan logam sebagai material utama. Rumah ini memiliki desain yang modern dan elegan, serta banyak bukaan yang memberikan pandangan luar.
House 48 ![House 48] Rumah minimalis sederhana yang dibangun di Jakarta, Indonesia, oleh D-Associates. Rumah ini memiliki luas 450 meter persegi dan dibagi menjadi dua lantai. Rumah ini menggunakan warna putih dan coklat sebagai warna dominan, serta kayu, batu, dan kaca sebagai material utama. Rumah ini memiliki desain yang tropis dan hangat, serta banyak bukaan yang memberikan sirkulasi udara.
Rumah Hikari ![Rumah Hikari] Rumah minimalis sederhana yang dibangun di Bandung, Indonesia, oleh Pranala Associates. Rumah ini memiliki luas 90 meter persegi dan dibagi menjadi dua lantai. Rumah ini menggunakan warna putih dan krem sebagai warna dominan, serta kayu, kaca, dan besi sebagai material utama. Rumah ini memiliki desain yang Jepang dan zen, serta banyak bukaan yang memberikan pencahayaan alami.
RV House ![RV House] Rumah minimalis sederhana yang dibangun di Porto, Portugal, oleh Studio Arquitectos. Rumah ini memiliki luas 220 meter persegi dan dibagi menjadi dua lantai. Rumah ini menggunakan warna putih dan abu-abu sebagai warna dominan, serta beton, kaca, dan kayu sebagai material utama. Rumah ini memiliki desain yang kontemporer dan dinamis, serta banyak bukaan yang memberikan pandangan
Artikel Menarik Lainnya  Cara Plitur Kayu yang Benar dan Hasil Mengkilap
Dyio Handasko

About the author

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Tinggalkan Balasan