Pohon Taman Rumah: Jenis, Manfaat, dan Tips Memilihnya

Pohon taman rumah adalah salah satu elemen penting yang dapat menambah keindahan, kesejukan, dan kenyamanan di lingkungan tempat tinggal Anda. Ada banyak jenis pohon yang cocok untuk ditanam di taman rumah, baik yang berukuran besar, sedang, maupun kecil. Pohon taman rumah juga memiliki berbagai manfaat, seperti memberi naungan, menghasilkan buah, menghias halaman, menyaring polusi, dan lain-lain. Namun, tidak semua pohon bisa ditanam sembarangan di taman rumah. Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti ukuran, bentuk, warna, perawatan, dan kesesuaian dengan kondisi tanah dan iklim di sekitar Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa pilihan pohon taman rumah yang populer, manfaatnya, dan tips memilihnya.

Beberapa Pilihan Pohon Taman Rumah yang Populer

Berikut adalah beberapa pilihan pohon taman rumah yang populer, beserta deskripsi singkatnya:

Jenis Pohon Deskripsi
Maple Pohon maple adalah pilihan yang populer untuk taman rumah karena dedaunannya yang indah dengan warna-warna cerah pada musim gugur. Pohon ini bisa tumbuh hingga 20 meter dan cocok untuk taman rumah yang luas.
Palem Pohon palem dikenal karena tingginya yang menjulang hingga 20 meter sehingga akan membuat halaman rumah jadi sangat teduh. Pohon ini juga memiliki bentuk yang elegan dan eksotis, cocok untuk taman rumah bergaya tropis.
Pucuk Merah Pohon pucuk merah mempunyai batang yang dapat melebar seperti kanopi. Pohon ini mempunyai karakter dengan daunnya yang lebat, rimbun, dan corak warna yang menawan. Uniknya, daun pohon pucuk merah akan berubah jadi kemerahan saat musim kemarau tiba sesuai namanya.
Ketapang Kencana Pohon ketapang kencana mempunyai bentuk yang ramping dengan diameter yang kecil. Hal itu membuat pohon yang satu ini cocok untuk rumah minimalis. Meskipun ramping, ketapang kencana bisa tumbuh 10 sampai 20 meter, lo! Dedaunannya pun tampak apik seperti kanopi sehingga akan membuat rumah jadi adem.
Angsana Pohon angsana akan membuat halaman rumah jadi lebih cantik dengan kehadiran bunga-bunga mungil berwarna kuning. Jika tumbuh subur, tinggi pohon angsana bisa mencapai 40 meter, lo! Selain itu, pohon angsana juga memiliki dedaunan yang rapat satu sama lain sehingga akan membuat rumahmu adem dan terlindungi dari teriknya sinar matahari.
Mangga Pohon mangga adalah pilihan yang pas bagi Anda yang menyukai buah-buahan. Pohon mangga juga dapat tumbuh rindang dalam waktu yang singkat jika dirawat dengan cara yang tepat. Pohon ini akan membuat rumahmu teduh dengan tingginya yang bisa mencapai 10 meter. Selain itu, Anda juga bisa menikmati buah mangga yang manis dan segar saat panen tiba.
Spathodea Pohon spathodea adalah pohon peneduh yang biasa dijumpai di pinggir jalan. Pohon ini sebenarnya juga cocok untuk dijadikan pohon peneduh di taman rumah, asalkan Anda memiliki taman yang luas. Hal yang cukup menarik dari pohon spathodea ialah bunganya yang besar dan berwarna merah terlihat cantik secara visual.
Liang Liu Pohon liang liu adalah pohon buah yang berasal dari China. Pohon ini memiliki bentuk yang unik dengan cabang-cabang yang menjuntai ke bawah. Buahnya berwarna kuning dan rasanya manis asam. Pohon liang liu bisa tumbuh hingga 15 meter dan cocok untuk taman rumah yang berukuran sedang.
Jambu Air Pohon jambu air adalah pohon buah yang populer di Indonesia. Pohon ini memiliki bentuk yang sederhana dengan daun-daun yang hijau segar. Buahnya berwarna merah atau putih dan rasanya renyah dan menyegarkan. Pohon jambu air bisa tumbuh hingga 10 meter dan cocok untuk taman rumah yang berukuran kecil.
Bougenville Pohon bougenville adalah pohon hias yang terkenal dengan bunga-bunganya yang beraneka warna. Pohon ini bisa tumbuh hingga 5 meter dan cocok untuk taman rumah yang berukuran kecil. Pohon bougenville juga mudah dirawat dan tahan terhadap cuaca panas maupun dingin.
Artikel Menarik Lainnya  Cara Bikin Taman Bunga di Halaman Rumah: Membawa Kecantikan Alam ke dalam Lingkungan Kita

Manfaat Pohon Taman Rumah

Pohon taman rumah tidak hanya berfungsi sebagai elemen estetika, tetapi juga memiliki berbagai manfaat lain, antara lain:

  • Memberi naungan. Pohon taman rumah dapat memberi naungan yang dapat melindungi Anda dari teriknya sinar matahari, hujan, atau angin. Naungan pohon juga dapat menurunkan suhu udara di sekitar rumah dan menghemat penggunaan pendingin ruangan.
  • Menghasilkan buah. Beberapa pohon taman rumah, seperti mangga, liang liu, dan jambu air, dapat menghasilkan buah yang dapat Anda konsumsi sendiri atau dibagikan kepada tetangga. Buah-buah tersebut juga kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan.
  • Menghias halaman. Pohon taman rumah dapat menghias halaman rumah Anda dengan warna-warna yang menarik, seperti hijau, merah, kuning, atau ungu. Pohon taman rumah juga dapat memberi kesan alami, segar, dan asri di lingkungan tempat tinggal Anda.
  • Menyaring polusi. Pohon taman rumah dapat menyaring polusi udara, seperti debu, asap, atau gas buang. Pohon taman rumah juga dapat menghasilkan oksigen dan menyerap karbon dioksida yang baik untuk keseimbangan lingkungan.
  • Menyediakan habitat. Pohon taman rumah dapat menyediakan habitat bagi berbagai makhluk hidup, seperti burung, kupu-kupu, lebah, atau semut. Kehadiran makhluk hidup tersebut dapat menambah keanekaragaman hayati dan menambah keceriaan di taman rumah Anda.

Tips Memilih Pohon Taman Rumah

Sebelum Anda memilih pohon taman rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, seperti:

  • Ukuran. Anda perlu memperhatikan ukuran pohon taman rumah yang Anda pilih, baik tinggi, diameter, maupun luas naungannya. Pilihlah pohon taman rumah yang sesuai dengan ukuran taman rumah Anda, agar tidak terlalu menutupi rumah atau mengganggu tetangga.
  • Bentuk. Anda perlu memperhatikan bentuk pohon taman rumah yang Anda pilih, baik batang, cabang, daun, maupun bunga. Pilihlah pohon taman rumah yang memiliki bentuk yang menarik, unik, atau sesuai dengan tema taman rumah Anda.
  • Warna. Anda perlu memperhatikan warna pohon taman rumah yang Anda pilih, baik daun, bunga, maupun buah. Pilihlah pohon taman rumah yang memiliki warna yang cerah, kontras, atau harmonis dengan warna rumah atau tanaman lain di taman rumah Anda.
  • Perawatan. Anda per
Artikel Menarik Lainnya  Taman Indoor dalam Rumah
Agung Sedayu

About the author

Dalam dunia teknisnya, Agung Sedayu menemukan kebahagiaan melalui desain rumah dan interior. Menggabungkan kecintaannya pada teknologi dengan estetika menciptakan harmoni fungsi dan gaya.

Tinggalkan Balasan