Tinggi Ideal Backsplash Dapur untuk Kenyamanan Memasak

Agung sedayu

Backsplash dapur adalah elemen penting dalam desain dapur yang tidak hanya berfungsi sebagai pelindung dinding dari percikan minyak dan noda, tetapi juga sebagai elemen estetika yang menambah keindahan dapur Anda. Tinggi backsplash dapur yang ideal tergantung pada beberapa faktor, termasuk ergonomi dan preferensi pribadi. Berikut ini adalah tabel perbandingan tinggi backsplash dapur berdasarkan beberapa sumber:

Material Keunggulan Kelemahan Tinggi Ideal
Keramik/Porselen Mudah dipasang, bersih, bervariasi, terjangkau Cepat kotor jika tidak rutin dibersihkan 60-70 cm
Stainless Steel Mudah dibersihkan, tampilan mewah Rentan korosi, perlu perhatian khusus 60-70 cm
Kaca Tampilan modern, ruangan tampak luas Mudah kotor, perlu sering dibersihkan 60-70 cm
Marmer/Granit Tampilan mewah dan elegan Butuh perawatan khusus, harga mahal 60-70 cm

Umumnya, tinggi backsplash dapur berkisar antara 50 cm hingga 70 cm. Tinggi ini memastikan bahwa backsplash tidak hanya melindungi dinding dari percikan, tetapi juga nyaman untuk dijangkau saat Anda mengambil barang dari kabinet atas. Selain itu, tinggi ini memungkinkan backsplash untuk berfungsi sebagai latar belakang yang menarik untuk area kerja dapur Anda.

Untuk para perempuan Asia, jarak antara 60-70 cm dianggap sebagai ketinggian ideal. Ini mempertimbangkan ergonomi dan kenyamanan penggunaan dapur tanpa harus membungkuk atau meregang untuk mencapai barang-barang.

Dalam memilih tinggi backsplash, pertimbangkan juga ukuran kabinet dapur Anda. Jika kabinet atas Anda lebih rendah atau lebih tinggi dari standar, Anda mungkin ingin menyesuaikan tinggi backsplash agar sesuai dengan desain keseluruhan dapur Anda.

Backsplash dapur tidak hanya berperan penting dalam fungsi dapur, tetapi juga dalam estetika. Pilihan material dan tinggi yang tepat dapat membuat dapur Anda tidak hanya nyaman tetapi juga menarik secara visual. Pertimbangkan selalu gaya hidup dan kebutuhan Anda dalam menentukan pilihan yang terbaik untuk dapur impian Anda.

Artikel Menarik Lainnya  Memperbaharui Dapur dengan Tambahkan Pulau di Tengah-tengah

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Agung Sedayu

Agung sedayu

Dalam dunia teknisnya, Agung Sedayu menemukan kebahagiaan melalui desain rumah dan interior. Menggabungkan kecintaannya pada teknologi dengan estetika menciptakan harmoni fungsi dan gaya.

Leave a Comment