Furniture Kantor Desain Grafis: Memilih dan Menata dengan Bijak

Tania Evalina

Mempunyai kantor desain grafis yang nyaman dan menarik adalah hal yang sangat penting untuk menjaga kreativitas dan produktivitas. Selain dekorasi dan peralatan yang tepat, memilih dan menata furniture kantor juga harus menjadi prioritas. Terlebih bagi para desainer grafis yang menghabiskan sebagian besar waktu mereka di dekat komputer, pemilihan kursi dan meja yang ergonomis sangat penting untuk kesehatan.

Berikut ini adalah panduan untuk memilih dan menata furniture kantor desain grafis yang tepat.

Pilih Meja yang Tepat

Meja adalah salah satu item terpenting dan paling mahal dalam pengaturan kantor desain grafis. Pertimbangkan beberapa hal ketika memilih meja:

  • Ukuran: Perhatikan panjang, lebar, dan ketinggian meja untuk memastikan orang yang menggunakannya merasa nyaman.
  • Bahan: Kayu atau metal, pilih sesuai kebutuhan.
  • Fungsionalitas: Memiliki meja yang memiliki fitur seperti laci dan ruang penyimpanan dapat memberikan kemudahan akses berbagai peralatan yang dibutuhkan.

Pilih Kursi yang Mendukung Postur Tubuh

Kursi yang nyaman dan mendukung postur tubuh sangat penting dalam kantor desain grafis. Memilih kursi dengan fitur berikut akan membuat para desainer grafis merasa nyaman selama bekerja:

  • Bahan: Pilih kursi yang berbahan berkualitas, yang memberikan kenyamanan dan mendukung ergonomi tubuh.
  • Ketinggian: Pastikan kursi bisa diatur ketinggiannya. Kursi yang terlalu tinggi atau rendah bisa menyebabkan gangguan pada postur tubuh.
  • Bantalan punggung: Sebuah kursi dengan bantalan punggung yang baik dapat membantu mengurangi tekanan pada tulang belakang dan area bahu.

Pilih Rak untuk Menyimpan Desain

Agar desain organisasi dan terstruktur dengan baik, rak adalah item penting dalam kantor desain grafis. Petunjuk dibawah ini akan membantu Anda memilih rak yang tepat:

  • Jenis: Ada beberapa jenis rak di pasar, beberapa didesign untuk menyimpan buku dan lainnya didesain untuk menyimpan peralatan seperti printer. Pilih rak yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Material: Seperti pada meja, kayu atau metal adalah pilihan material yang umum digunakan pada rak.
  • Kapasitas: Menilai berapa banyak rak yang Anda butuhkan dan memilih yang tepat dengan ukuran yang sesuai.
Artikel Menarik Lainnya  Lemari Perabotan Kamar Tidur: Memaksimalkan Kapasitas Penyimpanan Anda

Pilih Pencahayaan yang Tepat

Pencahayaan yang tepat sangat penting dalam kantor desain grafis. Desain grafis memerlukan pencahayaan yang cukup agar desain dapat dilihat dengan jelas, sementara pencahayaan yang berlebih dapat menyebabkan luka pada mata. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih pencahayaan:

  • Jenis: Gunakan jenis lampu yang sesuai dengan visi artistik. Lampu dengan kelvin yang tinggi memberikan sentuhan hangat pada ruangan dan memberikan fokus pada area langsung di depannya. Lampu dingin dengan kelvin rendah dapat memperjelas ruangan.
  • Arah: Penting untuk memastikan cahaya pada peralatan kantor seperti komputer dan printer akan memantulkan cahaya lambat menuju pengguna untuk menghindari terlalu banyak cahaya langsung pada mata.

Pilih Warna dan Desain yang Menarik

Memiliki kantor desain grafis yang menarik dan memiliki tampilan yang menginspirasi sangat penting untuk menjaga kreativitas. Warna-warna seperti merah, biru dan hijau dapat membantu meningkatkan kejelasan dan energi, sementara warna-warna cerah seperti merah muda dan oranye dapat memberikan tampilan yang menarik.

Untuk menciptakan suasana kantor yang memotivasi dan inspiratif, mempertimbangkan artwork dan dekorasi adalah tambahan yang sangat dianjurkan. Poster-art kreatif atau lampu neon berwarna-warni adalah beberapa contoh dekorasi yang dapat menarik perhatian dan melengkapi desain kantor.

Kesimpulan

Sebuah kantor desain grafis yang nyaman dan menarik sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan kreativitas. Memilih dan menata furniture kantor yang tepat akan membantu para desainer grafis merasa lebih nyaman selama bekerja. Pastikan untuk mempertimbangkan ukuran, material, fungsionalitas dan kenyamanan kursi dan meja. Rak dan pencahayaan harus sesuai dengan kebutuhan dan ambisi artistik. Akhirnya, warna dan dekorasi dapat menjadi jangkar yang menarik perhatian di kantor. Jadi, mari buat kantor desain grafis yang nyaman, kreatif dan produktif.

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Tania Evalina

Tania Evalina

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Leave a Comment