Furniture Tahan Lama untuk Kebutuhan Outdoor

Pendahuluan

Siapa yang tidak ingin memiliki perabotan yang tahan lama? Apalagi jika perabotan tersebut digunakan untuk kebutuhan outdoor, seperti taman, teras atau halaman rumah, pastinya kita ingin memiliki perabotan yang awet dan tidak mudah rusak. Namun, mencari furniture yang berkualitas dan tahan lama untuk kebutuhan outdoor bukanlah hal yang mudah.

Bentuk furniture yang ditemukan di pasar sangat beragam, namun tidak semuanya cocok untuk digunakan di luar ruangan. Ada beberapa material yang lebih tahan lama dan cocok untuk furniture outdoor, seperti kayu teak, aluminium, kawat baja, rotan sintetis, dan plastik HDPE. Di dalam artikel ini, kita akan membahas lebih dalam mengenai material yang tepat dan kriteria apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih furniture tahan lama untuk kebutuhan outdoor.

Material Tepat untuk Furniture Outdoor

Kayu Teak

Kayu teak seringkali menjadi pilihan utama untuk furniture outdoor karena sifatnya yang tahan terhadap perubahan cuaca, seperti hujan, panas, dan dingin. Kayu teak juga tahan terhadap serangan hama dan jamur, serta memiliki kandungan minyak alami yang mampu melindungi permukaan kayu dari kerusakan akibat sinar matahari.

Aluminium

Furniture yang terbuat dari aluminium sangat cocok untuk area outdoor karena materialnya yang ringan dan tahan karat. Aluminium juga tahan terhadap cuaca ekstrem dan mudah dalam perawatannya. Furniture dari aluminium juga mudah dipindahkan dan disimpan saat cuaca buruk.

Kawat Baja

Kawat baja atau sering disebut juga dengan besi ulir menjadikan furniture outdoor lebih kokoh dan tahan lama. Material ini memiliki ketahanan yang sangat baik terhadap cuaca dan korosi. Furniture dari kawat baja juga meningkatkan suasana outdoor menjadi lebih modern dan stylist.

Artikel Menarik Lainnya  Membuat Furnitur Kamar Tidur Anda Tampil Baru Lagi!

Rotan Sintetis

Rotan sintetis adalah bahan yang sangat popular untuk furniture outdoor. Material ini terbuat dari serat sintetis yang sangat kuat sehingga tahan terhadap cuaca, korosi dan serangan hama. Rotan sintetis juga mudah dalam perawatan, serta tidak memerlukan perawatan khusus seperti rotan asli.

Plastik HDPE

Plastik HDPE atau High Density Polyethylene seringkali digunakan untuk membuat furniture taman. Material ini sangat tahan terhadap cuaca dan korosi, serta sangat ringan dan mudah dipindahkan. Furniture dari plastik HDPE juga mudah dalam perawatan dan sangat cocok untuk kebutuhan outdoor yang lebih casual.

Kriteria Penting dalam Memilih Furniture Outdoor

Selain material, ada beberapa kriteria penting yang perlu diperhatikan dalam memilih furniture outdoor tahan lama, antara lain:

Desain Ergonomis

Desain ergonomis sangat penting dalam memilih furniture outdoor. Kursi atau sofa yang nyaman akan membuat waktu bersantai di luar ruangan lebih menyenangkan. Sebuah kursi dengan sandaran dan penyangga yang pas akan memastikan keseimbangan tubuh serta meminimalisir cedera dan pegal-pegal yang bisa terjadi.

Memperhatikan Kualitas Produk

Walaupun kadangkala harga menjadi pertimbangan utama dalam memilih furniture outdoor, namun quality always wins. Pastikan anda memperhatikan kualitas produk terlebih dahulu sebelum membandingkan harganya. Harga yang terlalu murah akan menimbulkan rasa was-was mengenai kualitas produk tersebut. Pilihlah produk yang berkualitas agar Anda tidak perlu membeli lagi dalam jangka waktu yang cepat.

Memilih Furnitur yang Mudah Dirawat

Furniture outdoor yang mudah dalam perawatannya akan membuat hidup lebih mudah. Semua furniture outdoor membutuhkan perawatan, namun pada dasarnya beberapa furniture memiliki perawatan yang lebih mudah dari yang lain. Pilihlah furniture yang mempunyai instruksi perawatan yang sederhana, seperti berbagai jenis furniture kayu teak.

Artikel Menarik Lainnya  Solusi Furnitur Kamar Tidur Kecil: Maksimalkan Ruang Anda

Menyesuaikan dengan Lingkungan

Lingkungan dimana furniture outdoor akan diletakkan akan mempengaruhi pemilihan furniture. Pastikan furniture outdoor yang dipilih sesuai dengan tema dari lingkungan tersebut. Jika rumah Anda memiliki gaya minimalis, pilihlah furniture yang clean dan sleek.

Kesimpulan

Sekarang sudah jelas bagaimana memilih furniture outdoor tahan lama untuk taman, halaman, teras, atau area outdoor lainnya. Pastikan Anda memilih material yang tepat, memperhatikan kriteria penting dalam memilih furniture outdoor, dan menyesuaikan furnitur dengan lingkungan di sekitarnya. Dan yang paling penting, pilihlah furniture yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seva Furniture Surabaya menyediakan berbagai macam furniture tahan lama, terbuat dari kayu teak, aluminium, kawat baja, rotan sintetis, dan plastik HDPE. Kunjungi website kami di www.sevafurniture.com untuk melihat koleksi furniture outdoor yang kami tawarkan.

Agung Sedayu

About the author

Dalam dunia teknisnya, Agung Sedayu menemukan kebahagiaan melalui desain rumah dan interior. Menggabungkan kecintaannya pada teknologi dengan estetika menciptakan harmoni fungsi dan gaya.

Tinggalkan Balasan