Furniture untuk Bar: Tips & Trik untuk Mendesain dan Memilih Furnitur yang Tepat

Bar atau tempat minum malam adalah tempat di mana orang berkumpul untuk bersosialisasi dan melepaskan penat dari kehidupan sehari-hari. Sebagai pemilik bar, Anda harus memastikan bahwa furnitur yang Anda gunakan tidak hanya fungsional, tetapi juga menarik dan dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik untuk mendesain dan memilih furnitur yang tepat untuk bar Anda.

Buatlah Desain yang Bersahaja dan Menarik

Desain interior sangat penting dalam menciptakan kesan awal pada pelanggan Anda. Meskipun Anda dapat mengambil banyak inspirasi dari bar lain, Anda juga harus mempertimbangkan estetika Anda sendiri dan memilih furnitur yang sesuai dengan merek Anda.

Jangan terlalu banyak menggunakan warna dan pola. Gaya minimalis dengan warna umum dalam warna monokrom seperti putih dan hitam selalu menjadi pilihan yang aman. Namun, Anda juga dapat memilih beberapa furnitur dengan warna yang lebih terang, seperti ungu atau merah, untuk memberikan sentuhan cerah.

Cahaya yang bagus juga sangat penting dalam mendesain sebuah bar. Sebaiknya gunakan pencahayaan yang tepat agar suasana kamar menjadi lebih nyaman dan memikat.

Tentukan Tipe Furnitur yang Anda Butuhkan

Jenis furnitur yang Anda gunakan harus mempertimbangkan jenis tempat minum malam Anda, serta jumlah dan jenis pengunjung Anda.

Secara umum, bar biasanya menggunakan beberapa jenis furnitur seperti meja, kursi, dan kursi bar. Namun, selain itu Anda juga bisa memasang meja kecil, sofa, atau bangku untuk membuat tampilan yang lebih variatif.

Artikel Menarik Lainnya  Bedroom Furniture Sets with Storage: The Ultimate Guide

Pastikan ada cukup ruang bagi pelanggan Anda untuk bergerak bebas di sekitar tempat Anda. Berikan beberapa furnitur yang lebih besar dan kursi sofa bagi kelompok yang ingin duduk bersama sambil menikmati minuman mereka.

Pilihlah Bahan yang Tepat

Selain desain dan tipe, Anda juga harus memilih bahan yang tepat untuk furnitur Anda. Bahan-bahan yang biasanya digunakan untuk furnitur bar termasuk kayu, logam, dan kulit.

Furniture kayu seperti meja dan kursi dapat menambah kehangatan ke dalam suasana bar, sementara furnitur logam atau metalik melengkapi gaya desain yang simpel.

Kulit adalah bahan yang bagus untuk sofa dan kursi bar, namun juga memerlukan perawatan khusus seperti membersihkan noda agar tetap terlihat baru. Pastikan Anda memilih bahan yang mudah untuk dirawat di area yang mudah rentan terkena cairan seperti bar.

Tentukan Warna yang Cocok dengan konsep bar Anda

Warna adalah salah satu elemen terpenting yang harus dipertimbangkan dalam mendesain interior bar yang menarik. Warna dinding, lantai, dan dekorasi harus mampu memaksimalkan pengalaman minum pelanggan Anda.

Jangan hanya fokus pada satu warna, Anda dapat mencampur beberapa warna yang serasi seperti hitam dan putih dengan aksen merah untuk mencapai efek yang dramatis. Perhatikan juga warna dari furnitur yang Anda gunakan, untuk mencapai kesan warna yang serasi.

Perhatikan Kebutuhan Pelanggan Anda dalam Memilih Furnitur

Sebagai pemilik bar, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan pelanggan Anda ketika memilih furnitur. Misalnya, meja dengan atas yang melingkar lebih cocok untuk kelompok yang ingin duduk bersama, sedangkan meja persegi panjang lebih cocok untuk orang-orang yang ingin duduk sendiri-sendiri.

Kursi dan bangku juga harus dipilih dengan mempertimbangkan kenyamanan dan kualitas. Pastikan mereka terasa nyaman dan stabil ketika digunakan. Jangan lupa untuk memilih bantalan yang cukup untuk kursi dan sofa Anda.

Artikel Menarik Lainnya  Furniture Kantor Desain Grafis: Memilih dan Menata dengan Bijak

Penempatan Furnitur yang Tepat adalah Kunci Sukses

Furnitur yang diletakkan dengan benar dapat meningkatkan pengalaman pelanggan Anda. Pastikan meja dan kursi tidak terlalu berdekatan sehingga pelanggan memiliki cukup ruang untuk duduk dengan nyaman.

Sofa dan kursi bar harus ditempatkan di area yang mudah dilihat oleh pengunjung dan dapat membantu pembagian ruangan. Pastikan pula kursi bar menjadi fokus perhatian di area bar dan bahwa ada cukup tempat untuk berdiri bagi pelanggan Anda.

Jadikan Furnitur Anda Sebagai Kreasi Seni

Furnitur yang unik dapat menjadi titik fokus di ruangan dan menambah nilai seni dan estetika. Pertimbangkan membuat furnitur kustom yang bisa menjadi tanda tangan Anda dan memberikan kesan yang unik bagi pelanggan Anda. Anda juga dapat menambahkan beberapa dekorasi tambahan seperti vas bunga atau pengaturan yang menarik.

Kesimpulan

Furniture untuk bar harus mempertimbangkan desain, tipe, bahan, warna, kebutuhan pelanggan, dan penempatan yang tepat. Pastikan Anda membuat suasana yang menarik dan nyaman bagi pelanggan Anda, dan menambahkan sentuhan pribadi yang unik untuk mencapai kesan yang mendalam. Terakhir, ingatlah bahwa furnitur adalah investasi jangka panjang, jadi pastikan Anda memilih yang awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi bagi Anda dalam memilih furnitur yang tepat untuk bar Anda.

Sysca Gevoni

About the author

Gadis muda berpendidikan tinggi, Sysca Gevoni, memadukan kecerdasannya dengan cinta pada desain rumah modern dan interior. Membawa inovasi dan gaya ke dalam setiap proyek dengan semangat muda yang enerjik.

Tinggalkan Balasan