Kriteria Memilih Furniture Kamar Tidur untuk Ruangan Kecil

Memiliki sebuah apartemen kecil memang memiliki kelebihan tersendiri, tetapi ukuran ruangan yang terbatas bisa memberikan kesulitan dalam memilih furniture kamar tidur. Sejumlah hal harus dipertimbangkan agar tidak memenuhi ruangan yang sudah sempit.

Berikut adalah beberapa kriteria dalam memilih furnitur kamar tidur untuk ruangan kecil.

1. Pilihlah Kasur yang Tepat

Kasur adalah benda utama di kamar tidur. Memilih kasur yang tepat sangat penting agar kamar tidur terlihat rapi dan terorganisir dengan baik. Kasur yang cocok untuk ruangan kecil adalah kasur yang memiliki ukuran yang tepat. Ukuran queen size atau king size tentu bukan solusi bagi pemilik ruangan kecil.

Pilihlah kasur ukuran twin yang berukuran 38 x 74 inci atau twin XL yang berukuran 38 x 80 inci. Ukuran yang lebih kecil ini cukup ideal untuk kamar tidur dengan ruang yang terbatas. Selain ukuran, perhatikan juga model kasur yang cocok untuk ruangan kecil. Pilih kasur yang desainnya simpel dan modern, sehingga tidak terkesan berat dan memenuhi seluruh ruangan.

2. Pilih Cermin Kecil

Cermin merupakan furniture yang wajib ada di setiap kamar tidur. Cermin bisa digunakan untuk memeriksa diri sebelum keluar rumah, serta memberikan kesan lebih luas pada ruangan. Pilihlah cermin kecil yang dapat dijadikan aksen pada kamar kecil Anda.

Cermin dengan bingkai minimalis dan warna netral sangat cocok untuk kamar tidur dengan jumlah ruangan yang terbatas. Jangan lupa untuk memasangnya di bagian dinding yang besar sehingga kesan luas yang dihasilkan lebih optimal.

Artikel Menarik Lainnya  Pilihan Rak Sepatu dari Kayu Minimalis

3. Diprioritaskan untuk Furniture Multifungsi

Furniture multifungsi sangat cocok digunakan di kamar tidur kecil. Kombinasikan lemari baju dan meja rias menjadi satu furniture yang sangat membantu untuk meminimalisir penggunaan ruangan. Furniture multifungsi juga sangat efisien dan efektif karena dapat menghemat penggunaan ruangan.

4. Pilih Lemari Gantung

Lemari gantung sangat berguna bagi Anda yang memiliki jumlah pakaian yang banyak tetapi mempunyai kamar tidur dengan ruangan yang terbatas. Desain lemari gantung lebih minimalis dan modern, sehingga tidak memakan banyak ruangan.

Pilihlah lemari gantung dengan desain dan bahan yang cocok. Jangan memilih lemari gantung yang terlihat berat dan menarik perhatian karena hal ini bisa menambah kesan sempit pada kamar tidur.

5. Pilih Rak Dinding

Rak dinding cocok digunakan sebagai alternatif lemari jika kamar kecil Anda tidak memiliki ruangan yang cukup untuk meletakkan lemari baju. Rak dinding bisa menghemat penggunaan ruangan sekaligus memberikan kesan artistik dan unik di kamar Anda.

Pilihlah rak dinding yang berbahan dasar kayu atau baja, yang selain kokoh dan tahan lama, juga mudah dipasang dan memasang barang di atasnya. Rak dinding dengan tambahan lampu kecil juga bisa memberikan kesan yang lebih unik pada kamar kecil Anda.

6. Pilih Furniture dengan Warna Cerah

Pemilihan warna pada kamar tidur juga perlu diperhatikan. Pilihlah warna yang cerah dan terang untuk kamar tidur Anda, karena warna cerah bisa memberikan kesan luas dan terang pada ruangan.

Gunakan warna netral dan cerah pada furniture dan aksesoris Anda. Kombinasikan warna-warna cerah tersebut dengan warna putih atau hitam agar kesan elegan dan modern tetap terlihat.

7. Pantau Kepatuhan Ergonomi pada Furniture

Terakhir, pantau kualitas dan ergonomi pada furniture yang akan dibeli. Kualitas yang bagus dan ergonomi yang baik bisa mendukung kenyamanan dan kesehatan pemilik kamar tidur. Jangan memilih furniture yang murah dan hanya memikirkan harga.

Artikel Menarik Lainnya  Meja Samping Furniture Kantor: Menghadirkan Kesenangan dalam Produktivitas

Pilihlah furniture yang memiliki kualitas terbaik dan sesuai dengan anggaran Anda. Furniture dengan desain ergonomi juga bisa memenuhi kebutuhan kesehatan Anda, seperti misalnya kasur dengan kualitas yang baik sehingga meminimalisir risiko masalah tulang belakang atau bantal yang nyaman yang bisa mendukung kualitas tidur Anda.

Kesimpulan

Membeli furniture untuk kamar tidur memang bukanlah hal yang mudah, terlebih untuk kamar tidur dengan ukuran yang terbatas. Namun, dengan memperhatikan kriteria dan tips diatas, Anda bisa memilih furniture yang tepat dan sesuai dengan anggaran Anda. Furniture yang tepat tidak hanya bisa membuat kamar tidur Anda lebih terorganisir, tetapi juga bisa membawa efek psikologis yang baik bagi pemilik kamar tidur.

Agung Sedayu

About the author

Dalam dunia teknisnya, Agung Sedayu menemukan kebahagiaan melalui desain rumah dan interior. Menggabungkan kecintaannya pada teknologi dengan estetika menciptakan harmoni fungsi dan gaya.

Tinggalkan Balasan