Melestarikan Furnitur Ruang Makan Bergaya Kolonial

Tania Evalina

Ruang makan adalah salah satu area penting di rumah yang wajib diperhatikan estetikanya. Anda tentu ingin membuatnya nyaman dan nyaleg dengan gaya yang tepat.

Salah satu gaya yang dapat dipertimbangkan adalah furnitur ruang makan bergaya kolonial. Gaya ini memberikan sentuhan elegan dan mewah untuk ruang makan Anda. Tidak hanya itu, gaya kolonial juga memiliki sejarah yang panjang dan mengesankan.

Namun, sebelum memutuskan untuk membeli furnitur bergaya kolonial, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan. Artikel ini akan membahas segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang furnitur ruang makan bergaya kolonial, serta cara mempertahankan furnitur tersebut agar tampilan ruang makan Anda selalu terlihat segar dan menarik.

Apa itu Gaya Kolonial?

Gaya kolonial berasal dari masa penjajahan dimana para kolonialis Eropa membawa pengaruh seni dan budaya mereka ke negara-negara jajahan mereka. Gaya ini merangkul gaya furnitur dari era Victoria, Edwardian, dan Georgian.

Furnitur bergaya kolonial biasanya terbuat dari kayu keras seperti teak, mahoni, dan eboni. Hal ini memberikan kesan klasik dan kokoh serta menambah keindahan bagi ruang makan Anda.

Keuntungan Mempunyai Furnitur Ruang Makan Bergaya Kolonial

Ada banyak keuntungan mempunyai furnitur bergaya kolonial di ruang makan Anda. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan.

Artikel Menarik Lainnya  Art and Craft Outdoor Furniture: The Perfect Combination of Beauty and Function

Kesan Elegan dan Mewah

Furnitur bergaya kolonial memberikan kesan elegan dan mewah untuk ruang makan Anda. Bentuknya yang besar dan kokoh akan menimbulkan perasaan nostalgia akan zaman-zaman kolonial.

Tahan Lama

Furnitur bergaya kolonial biasanya terbuat dari kayu keras dan bahan berkualitas tinggi, sehingga tahan lama dan dapat bertahan selama bertahun-tahun. Hal ini berarti Anda tidak perlu khawatir mengganti furnitur Anda setiap beberapa tahun sekali.

Penampilan yang Berkelas

Furnitur bergaya kolonial memiliki desain yang elegan dan simpel, yang dapat menghasilkan penampilan yang berkelas dan menarik. Hal ini dapat membantu meningkatkan estetika ruang makan Anda dan membuat tamu Anda merasa terkesan.

Kualitas Terbaik

Furnitur bergaya kolonial biasanya terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi seperti kayu keras dan kulit. Hal ini memungkinkan furnitur tersebut berusia bertahun-tahun dan tetap tampak seperti baru meskipun telah digunakan untuk waktu yang lama.

Harga yang Berpatokan pada Nilai

Meskipun furnitur bergaya kolonial cenderung harganya lebih mahal, nilai dari furnitur tersebut tetap stabil selama bertahun-tahun. Hal ini berarti membeli furnitur bergaya kolonial dapat menjadi investasi yang bagus untuk meningkatkan estetika dan nilai rumah Anda.

Cara Perawatan Furnitur Ruang Makan Bergaya Kolonial

Furnitur bergaya kolonial memerlukan perawatan khusus agar tetap tahan lama dan cantik. Berikut adalah beberapa cara untuk merawat dan mempertahankan furnitur bergaya kolonial Anda.

Lindungi dari Matahari Langsung

Kayu keras dapat rusak jika terkena sinar matahari langsung. Oleh karena itu, letakkan furnitur Anda jauh dari jendela atau gunakan tirai untuk melindungi furnitur Anda dari sinar matahari.

Bersihkan dengan Lembut

Selalu gunakan kain yang lembut dan cairan pembersih yang ringan ketika membersihkan furnitur bergaya kolonial Anda. Hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak kayu keras maupun kulit furnitur Anda.

Artikel Menarik Lainnya  Meja untuk Taman dan Api Unggun: Gabungan yang Sempurna

Selalu Jaga Kelembapan

Kayu keras membutuhkan kelembapan yang cukup untuk tetap awet dan terlihat bagus. Pastikan Anda menjaga kelembapan ruangan pada tingkat yang tepat untuk mempertahankan keindahan furnitur bergaya kolonial Anda.

Perbaikan Secara Berkala

Bungkusan atau bagian lemas pada furnitur bergaya kolonial Anda harus diperbaiki segera. Pastikan untuk memperbaiki furnitur yang rusak secepat mungkin untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Membeli Furnitur Ruang Makan Bergaya Kolonial

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli furnitur ruang makan bergaya kolonial. Pastikan Anda mempertimbangkan beberapa hal sebelum memutuskan untuk membeli furnitur tersebut.

Dimensi Ruang Makan

Pastikan Anda mengukur ruang makan Anda terlebih dahulu sebelum membeli furnitur. Hal ini akan membantu Anda memilih furnitur yang sesuai dengan ukuran ruangan.

Pilihlah Sesuai dengan Anggaran yang Dimiliki

Furnitur bergaya kolonial biasanya terbuat dari kayu keras dan bahan berkualitas tinggi, sehingga harganya cenderung lebih tinggi daripada furnitur biasa. Pastikan anggaran yang Anda miliki cukup untuk membeli furnitur bergaya kolonial yang superior.

Pilih Furnitur yang Berkualitas Tinggi

Pastikan Anda memilih furnitur yang terbuat dari kayu keras dan bahan berkualitas tinggi. Hal ini akan memastikan furnitur tersebut tahan lama dan dapat bertahan selama bertahun-tahun.

Kesimpulan

Furnitur ruang makan bergaya kolonial dapat memberikan sentuhan elegan dan mewah untuk ruangan Anda. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membelinya.

Pastikan Anda mempertimbangkan dimensi ruang makan, anggaran yang Anda miliki, dan kualitas dari furnitur bergaya kolonial sebelum memutuskan untuk membeli furnitur tersebut.

Dengan menjaga furnitur Anda dengan baik dan mempertahankannya, Anda dapat menikmati furnitur bergaya kolonial yang indah dan tahan lama selama bertahun-tahun.

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Tania Evalina

Tania Evalina

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Leave a Comment