Cara Agar Cat Pilox Tidak Mengelupas dan Tetap Mengkilap

Cat pilox adalah cat semprot yang sering digunakan untuk mengecat berbagai benda, seperti sepeda motor, mobil, helm, atau furnitur. Cat pilox memiliki kelebihan mudah diaplikasikan, cepat kering, dan memiliki banyak pilihan warna. Namun, cat pilox juga memiliki kelemahan, yaitu mudah mengelupas, luntur, atau pudar jika tidak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara agar cat pilox tidak mengelupas dan tetap mengkilap.

1. Pilih Cat Pilox yang Berkualitas

Cara pertama agar cat pilox tidak mengelupas adalah memilih cat pilox yang berkualitas. Cat pilox yang berkualitas biasanya memiliki daya rekat yang baik, warna yang tahan lama, dan tidak mudah menggumpal. Beberapa merk cat pilox yang bagus dan terkenal adalah Pylox, Nippon Paint, Samurai, dan Bosny . Harga cat pilox berkualitas biasanya lebih mahal daripada cat pilox biasa, tetapi hasilnya juga lebih memuaskan.

2. Amplas Permukaan yang Ingin Dicat

Cara kedua agar cat pilox tidak mengelupas adalah mengamplas permukaan yang ingin dicat. Amplas bertujuan untuk membersihkan kotoran, jamur, minyak, atau cat lama yang menempel pada permukaan. Amplas juga membuat permukaan menjadi lebih kasar, sehingga cat pilox dapat menempel dengan lebih kuat. Gunakan amplas halus nomor 400 yang basah untuk mengamplas permukaan . Jangan gunakan amplas kasar, karena akan meninggalkan goresan yang terlihat setelah dicat.

3. Lapisi dengan Clear Coat

Cara ketiga agar cat pilox tidak mengelupas adalah melapisi cat dengan clear coat. Clear coat adalah cat bening yang berfungsi untuk melindungi cat warna dari gesekan, debu, air, atau sinar matahari. Clear coat juga membuat cat warna menjadi lebih mengkilap dan halus. Clear coat dapat diaplikasikan dengan cara yang sama dengan cat pilox, yaitu dengan menyemprotkan secara tipis dan merata . Tunggu cat pilox kering sebelum melapisi dengan clear coat.

Artikel Menarik Lainnya  Ukuran Batako: Pilihan Tepat untuk Konstruksi yang Kokoh

4. Gunakan Wax

Cara keempat agar cat pilox tidak mengelupas adalah menggunakan wax. Wax adalah semir yang digunakan untuk membersihkan dan mengkilapkan permukaan cat. Wax dapat mengangkat kotoran yang menempel pada cat, serta memberikan lapisan pelindung yang mencegah cat mengelupas atau luntur. Wax dapat diaplikasikan dengan cara menggosokkan secara merata pada permukaan cat yang sudah kering dengan kain lembut . Wax juga dapat memberikan efek wet look atau basah pada cat.

5. Rajin Mencuci

Cara kelima agar cat pilox tidak mengelupas adalah rajin mencuci, terutama setelah benda yang dicat terkena air hujan. Air hujan dapat mengandung asam atau zat kimia yang dapat merusak cat pilox. Oleh karena itu, segera cuci benda yang dicat dengan air bersih dan sabun colek untuk menghilangkan kotoran atau sisa air hujan yang menempel. Keringkan dengan lap kering atau angin-anginkan di tempat teduh . Jangan biarkan benda yang dicat basah terlalu lama, karena dapat menyebabkan cat mengelupas atau berjamur.

6. Hindari Terik Matahari

Cara keenam agar cat pilox tidak mengelupas adalah menghindari terik matahari. Sinar matahari dapat membuat cat pilox menjadi panas dan mengembang, sehingga mudah retak atau mengelupas. Sinar matahari juga dapat membuat warna cat pilox menjadi pudar atau berubah. Oleh karena itu, simpan atau parkir benda yang dicat di tempat yang teduh atau tertutup . Jika tidak ada tempat teduh, gunakan sarung atau penutup untuk melindungi benda yang dicat dari sinar matahari.

Tabel Perbandingan Merk Cat Pilox

Merk Harga Kelebihan Kekurangan
Pylox Rp 30.000 – Rp 40.000 per kaleng – Warna banyak dan variatif
– Kualitas bagus dan tahan lama
– Mudah didapat di toko cat atau online
– Harga relatif mahal
– Beberapa warna mudah habis
Nippon Paint Rp 25.000 – Rp 35.000 per kaleng – Warna cerah dan menarik
– Kualitas baik dan awet
– Tersedia clear coat dan primer
– Harga cukup mahal
– Beberapa warna jarang tersedia
Samurai Rp 20.000 – Rp 30.000 per kaleng – Warna unik dan kreatif
– Kualitas cukup baik dan tahan lama
– Tersedia efek khusus seperti candy, metalik, atau glow in the dark
– Harga agak mahal
– Beberapa warna atau efek sulit dicari
Bosny Rp 15.000 – Rp 25.000 per kaleng – Warna standar dan netral
– Kualitas lumayan dan cukup awet
– Harga terjangkau dan murah
– Warna kurang variatif dan menarik
– Kualitas kurang bagus dan mudah mengelupas
Artikel Menarik Lainnya  Batako Ukuran: Solusi Bangunan yang Kuat dan Berkualitas

Demikianlah artikel tentang cara agar cat pilox tidak mengelupas dan tetap mengkilap. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 😊

Tania Evalina

About the author

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan