Panduan Lengkap Menyetek Bunga Kertas (Bougenville)

Dyio Handasko

Bunga kertas, atau yang sering dikenal dengan nama Bougenville, adalah tanaman hias yang populer karena warna-warni bunganya yang cerah. Menyetek adalah metode perbanyakan tanaman yang efektif untuk mempertahankan karakteristik tanaman induk. Berikut adalah panduan langkah demi langkah untuk menyetek bunga kertas:

Langkah Menyetek Bunga Kertas

  1. Pemilihan Batang
    Pilih batang yang sehat dan cukup dewasa dari tanaman bunga kertas. Batang yang ideal adalah yang memiliki diameter minimal 1 cm dan tidak terlalu muda atau tua.

  2. Pemotongan Batang
    Gunakan gunting atau pisau tajam untuk memotong batang secara miring dan bersih. Potongan miring akan meningkatkan area permukaan untuk pembentukan akar.

  3. Persiapan Media Tanam
    Campurkan tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Pastikan media tanam gembur dan memiliki drainase yang baik.

  4. Penanaman Batang
    Tanam batang yang telah dipotong ke dalam media tanam hingga kedalaman sekitar 10 cm. Tegakkan batang dengan bantuan penyangga jika diperlukan.

  5. Perawatan Pasca Penanaman
    Letakkan pot di tempat yang teduh dan terlindung dari hujan langsung. Siram tanaman hanya ketika media tanam tampak kering.

  6. Pemantauan Pertumbuhan
    Dalam waktu sekitar 20 hari, batang yang disetek biasanya akan mulai menunjukkan pertumbuhan tunas baru.

Tabel Perbandingan Metode Perbanyakan Bunga Kertas

Metode Kecepatan Kesulitan Keberhasilan
Stek Cepat Mudah Tinggi
Biji Lambat Sedang Rendah
Okulasi Sedang Sulit Sedang

Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat menyetek bunga kertas dengan mudah dan berhasil. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya  Batu Split: Kekuatan Tersembunyi dalam Konstruksi

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Dyio Handasko

Dyio Handasko

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Leave a Comment