Ukuran Hollow Gypsum: Pilihan Tepat untuk Konstruksi yang Kuat dan Tahan Lama

Dyio Handasko

Gypsum hollow atau yang sering disebut dengan besi hollow gypsum, merupakan material yang banyak digunakan dalam konstruksi bangunan, khususnya untuk pembuatan rangka plafon dan partisi. Material ini dipilih karena sifatnya yang ringan, kokoh, dan tahan lama, serta lebih aman dari serangan rayap dibandingkan dengan kayu.

Variasi Ukuran dan Ketebalan Hollow Gypsum

Ukuran dan ketebalan hollow gypsum bervariasi, memungkinkan penggunaan yang fleksibel sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi. Berikut adalah tabel perbandingan ukuran dan ketebalan hollow gypsum yang umum di pasaran:

Ukuran (mm) Ketebalan (mm) Panjang Standar (m)
20 x 40 0.3 – 0.7 4
40 x 40 0.3 – 0.7 4

Untuk proyek tertentu, tersedia panjang hingga 6 meter untuk ketebalan tertentu. Ini memberikan keleluasaan dalam penggunaan material sesuai dengan dimensi yang dibutuhkan.

Cara Pemasangan Hollow Gypsum

Pemasangan hollow gypsum memerlukan ketelitian dan teknik yang tepat agar hasilnya kuat dan rapi. Berikut adalah langkah-langkah pemasangan hollow gypsum:

  1. Rangka Horisontal Bawah: Pasang rangka horisontal bawah menggunakan hollow gypsum yang diperkuat ke lantai dengan paku beton dengan jarak 600 mm.
  2. Rangka Horisontal Atas: Pasang rangka horisontal atas yang dilot ke dak beton menggunakan hollow gypsum dengan paku beton dengan jarak yang sama.
  3. Rangka Vertikal: Pasang rangka vertikal dengan jarak 600 mm menggunakan besi hollow 40×40 mm dan 20×40 mm.
  4. Penyambungan Rangka: Sambungkan antar rangka menggunakan taping screw.
  5. Pemasangan Rangka: Pastikan pemasangan rangka benar-benar tegak lurus terhadap ceiling atau lantai.

Pemasangan Panel Gypsum pada Rangka Hollow

Setelah rangka terpasang, panel gypsum ukuran 1.200 x 2.400 mm dengan ketebalan sesuai spesifikasi dipasang dengan persetujuan kontraktor utama. Sekrup yang digunakan untuk pemasangan harus berukuran 6′ x 1′, dengan jarak 10 s/d 16 mm dari tepi gypsum untuk tiap tepi sambungan dan jarak antar sekrup 300 mm. Untuk bagian tengah lembaran gypsum, jarak sekrup adalah 400 mm.

Artikel Menarik Lainnya  Ukuran Sofa L: Pilihlah yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Keunggulan Gypsum sebagai Material Konstruksi

Gypsum memiliki banyak keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan populer dalam konstruksi dan dekorasi interior:

  • Tahan Api: Gypsum memiliki sifat tahan api yang menjaga kekuatan struktural bahkan dalam suhu tinggi.
  • Kedap Suara: Gypsum menawarkan sifat kedap suara yang baik.
  • Konduktivitas Panas Rendah: Gypsum memiliki konduktivitas panas yang rendah, menjadikannya isolator yang baik.
  • Mudah Dipasang dan Dirawat: Gypsum mudah dipasang dan dirawat, serta dapat didaur ulang untuk digunakan kembali dalam berbagai produk.

Dengan berbagai ukuran dan ketebalan yang tersedia, hollow gypsum menawarkan solusi yang efisien dan ekonomis untuk kebutuhan konstruksi Anda. Pastikan untuk memilih ukuran dan ketebalan yang tepat sesuai dengan kebutuhan proyek Anda untuk hasil yang optimal.

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Dyio Handasko

Dyio Handasko

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Leave a Comment