Ukuran Standar Lemari Pakaian

Lemari pakaian adalah salah satu furnitur penting yang digunakan untuk menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya. Memilih ukuran lemari pakaian yang sesuai dengan kebutuhan dan ruangan Anda adalah hal yang perlu dipertimbangkan agar lemari pakaian dapat berfungsi dengan baik dan tidak mengganggu estetika ruangan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang ukuran standar lemari pakaian:

Panjang Lemari Pakaian

Panjang lemari pakaian biasanya ditentukan oleh jumlah pintu yang digunakan. Pintu lemari pakaian dapat berupa pintu biasa yang menggunakan engsel atau pintu geser yang lebih hemat tempat. Ukuran panjang standar lemari pakaian untuk satu pintu dengan bukaan biasa adalah 50 cm – 60 cm, jadi jika 2 pintu berarti 100 cm – 120 cm, jika 3 pintu 150 cm – 180 cm, dan seterusnya . Untuk lemari yang menggunakan daun pintu geser hendaknya dibuat lebih panjang, yaitu minimal 55 cm.

Lebar Lemari Pakaian

Lebar lemari pakaian merujuk pada kedalaman lemari, yaitu mulai dari pintu hingga bagian paling belakang. Lebar lemari pakaian berpengaruh pada kapasitas penyimpanan dan gantungan baju yang digunakan. Ukuran lebar standar lemari pakaian yang biasa digunakan adalah 60 cm . Jika ingin menguranginya perlu mempertimbangkan pengaruhnya terhadap gantungan baju. Panjang gantungan baju (hanger) untuk orang dewasa biasanya berkisar antara 35 cm hingga 40 cm, sehingga lebar minimal lemari pakaian dapat dibuat menjadi 45 cm . Mengurangi lebar lemari dari ukuran yang biasa digunakan, yaitu 60 cm memang dapat membuat kamar tidur menjadi lebih lega. Namun perlu juga mempertimbangkan kondisi baju ketika digantung pada lemari, terutama untuk lengan baju yang kemungkinan dapat terlipat.

Artikel Menarik Lainnya  Ukuran Meja Komputer Ideal: Tips dan Rekomendasi

Tinggi Lemari Pakaian

Tinggi lemari pakaian biasanya disesuaikan dengan tinggi plafon dan tinggi pengguna. Semakin tinggi lemari pakaian tentunya akan membuat semakin banyak kapasitas penyimpanan. Namun idealnya tinggi lemari pakaian disesuaikan dengan tinggi penggunanya agar mudah dicapai. Ukuran tinggi standar lemari pakaian adalah 180 cm hingga 200 cm . Ada juga model lemari floor to ceiling, yang berarti bahwa tingginya bisa menyentuh plafon. Untuk model ini, ukurannya sekitar 300-350 cm, tergantung tinggi plafon yang ada di rumah Anda.

Jarak Antar Ambalan/Rak

Ambalan atau rak pada lemari pakaian biasanya digunakan untuk menyimpan pakaian-pakaian yang telah dilipat. Jarak antara ambalan yang satu dan lainnya (tinggi ambalan) berkisar 40 cm atau bisa juga dibuat lebih dari itu, hingga 80 cm misalnya. Jadi untuk ketinggian ambalan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah beberapa informasi tentang ukuran standar lemari pakaian yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memilih lemari pakaian yang tepat.

Dyio Handasko

About the author

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Tinggalkan Balasan