Cara Menghilangkan Kerak pada Pintu Kamar Mandi dengan Bahan Alami

Pintu kamar mandi yang berkerak tentu mengganggu penampilan dan kebersihan kamar mandi Anda. Kerak yang menempel pada pintu kamar mandi biasanya disebabkan oleh sisa sabun, air, atau kotoran yang tidak terbilas dengan baik. Jika dibiarkan terlalu lama, kerak dapat menjadi sarang bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan.

Untuk menghilangkan kerak pada pintu kamar mandi, Anda tidak perlu membeli produk pembersih yang mahal atau berbahan kimia. Anda dapat menggunakan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan di rumah, seperti lemon, cuka, baking soda, dan jeruk bali. Bahan-bahan ini memiliki sifat asam, basa, atau abrasif yang dapat melarutkan atau mengikis kerak dengan efektif.

Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan kerak pada pintu kamar mandi dengan bahan alami, beserta kelebihan dan kekurangannya.

Bahan Cara Penggunaan Kelebihan Kekurangan
Lemon Gunakan lemon untuk menghilangkan noda air pada keran dan pintu kamar mandi. Anda dapat menyemprotkan jus lemon ke permukaan atau memotong buah menjadi dua dan mengoleskannya langsung ke perangkat keras. Lemon memiliki sifat asam yang dapat melarutkan endapan mineral yang menyebabkan kerak. Lemon juga dapat memberikan aroma segar dan menyegarkan kamar mandi Anda. Lemon mungkin tidak cukup kuat untuk menghilangkan kerak yang sudah lama atau tebal. Lemon juga dapat merusak permukaan yang terbuat dari batu alam, seperti marmer atau granit.
Lemon dan baking soda Jus lemon dan baking soda akan menghilangkan bau urin yang berasal dari toilet Anda. Gosokkan campuran tersebut ke seluruh toilet dan biarkan selama lima belas menit lalu bilas dengan menyiram atau menyekanya dengan lap basah yang bersih. Lemon dan baking soda dapat bekerja sama untuk membersihkan dan menghilangkan bau pada toilet. Lemon memiliki sifat asam yang dapat melarutkan kotoran, sedangkan baking soda memiliki sifat basa yang dapat menetralkan bau. Lemon dan baking soda mungkin tidak efektif untuk menghilangkan kerak pada pintu kamar mandi, karena keduanya tidak memiliki sifat abrasif yang dapat menggosok kerak.
Jeruk bali Gunakan jeruk bali yang dibelah dua untuk membersihkan dan menghilangkan kerak di bak mandi anda. Taburkan setengah bagian buah dan bagian bawah bak dengan garam kasar lalu gunakan jeruk bali untuk menggosok bak dan sekitar saluran pembuangan. Bilas dengan air hangat. Jeruk bali memiliki sifat asam yang dapat melarutkan kerak, serta sifat abrasif yang dapat menggosok kerak dengan bantuan garam. Jeruk bali juga dapat memberikan aroma yang menyenangkan pada bak mandi Anda. Jeruk bali mungkin tidak cukup efisien untuk membersihkan pintu kamar mandi, karena Anda harus memotong dan menggosoknya secara manual. Jeruk bali juga dapat merusak permukaan yang terbuat dari batu alam, seperti marmer atau granit.
Cuka Cuka jauh lebih dari sekadar bumbu masakan. Namun, juga bisa jadi bahan campuran untuk menghilangkan atau membersihkan noda. Cuka adalah asam alami yang bertindak sebagai pelarut untuk membantu melarutkan endapan mineral air keras yang dapat menyebabkan noda dan penumpukan. Untuk noda toilet yang sangat keras, gosok dengan cuka. Tuangkan sekitar cangkir cuka ke dalam mangkuk dan biarkan selama sepuluh menit hingga satu jam. Kemudian cukup gosok dan bilas. Rendam pancuran dalam cuka untuk memecah endapan mineral dan membuka lubang yang tertutup. Anda dapat melakukannya dengan melepas pancuran dan merendamnya dalam ember, atau jika terlalu rumit, isi tas dengan cuka dan karet gelang di sekitar pancuran Anda di selang, sehingga tidak bocor ke bawah. Cuka adalah salah satu bahan alami yang paling ampuh untuk menghilangkan kerak pada kamar mandi. Cuka memiliki sifat asam yang sangat kuat yang dapat melarutkan kerak dengan cepat dan mudah. Cuka juga dapat membunuh bakteri dan jamur yang tumbuh pada kamar mandi . Cuka memiliki bau yang sangat tajam dan tidak enak, yang dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat membersihkan kamar mandi. Cuka juga dapat merusak permukaan yang terbuat dari batu alam, seperti marmer atau granit, serta karet dan plastik .
Baking soda Selain cuka, bahan yang paling sering direkomendasikan untuk membersihkan kamar mandi adalah baking soda. Kebalikan dengan cuka yang memiliki tingkat keasaman tinggi, baking soda merupakan senyawa kimia yang bersifat basa dengan pH 8-9. Jamur biasanya memiliki pH 7 atau sedikit di bawahnya, sehingga kadar pH pada baking soda dapat efektif melawan jamur. Selain itu, baking soda juga memiliki whitening effect yang dapat membantu menghilangkan noda bekas kerak berada. Anda cukup membuat campuran baking soda dan air dengan rasio 1:1 dan letakkan pada bagian yang ingin Anda bersihkan. Jangan langsung dibersihkan. Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 hingga 15 menit. Kemudian, gosok dengan sikat dan bilas dengan air. Baking soda adalah bahan alami yang murah dan mudah didapatkan. Baking soda memiliki sifat basa yang dapat menetralkan asam dan menghilangkan bau pada kamar mandi. Baking soda juga memiliki sifat abrasif yang dapat menggosok kerak dengan lembut. Baking soda juga dapat mencerahkan warna pada kamar mandi. Baking soda mungkin tidak cukup kuat untuk menghilangkan kerak yang sudah lama atau tebal. Baking soda juga dapat meninggalkan residu putih yang harus dibersihkan kembali dengan air.
Artikel Menarik Lainnya  Crystal Cleaner: Pembersih Kamar Mandi yang Kuat dan Harum
Tania Evalina

About the author

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan