Desain Kamar Mandi Terkini: Menggabungkan Gaya dan Fungsi

Dyio Handasko

Kamar mandi adalah salah satu ruangan penting di sebuah rumah. Selain sebagai tempat untuk membersihkan diri, kamar mandi juga dapat menjadi area relaksasi di mana kita dapat melepas penat setelah beraktivitas seharian. Oleh karena itu, desain kamar mandi harus memadukan kenyamanan dan fungsi untuk menciptakan pengalaman yang menyenangkan.

Di tahun 2021 ini, desain kamar mandi mengalami perkembangan yang signifikan. Banyak arsitek dan desainer memperkenalkan konsep baru yang menggabungkan gaya dan fungsi. Berikut adalah beberapa desain kamar mandi terkini yang mungkin dapat menjadi inspirasi Anda.

1. Kamar Mandi dengan Bathtub di Tengah Ruangan

Salah satu desain kamar mandi terkini yang sedang populer adalah memasang bathtub di tengah ruangan. Konsep ini menciptakan tampilan yang elegan dan unik. Anda dapat menambahkan lampu hias atau tanaman hijau di sekitar bathtub untuk memberikan kesan yang lebih dramatis.

Namun, konsep ini memerlukan ruangan yang cukup besar dan pemilihan bathtub yang tepat. Pilihlah bathtub yang sesuai dengan ukuran ruangan dan gaya desain yang diinginkan. Bathtub yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti batu atau kayu dapat memberikan tampilan yang artistik.

2. Desain Minimalis dengan Kontras Warna

Desain kamar mandi minimalis dengan kontras warna juga menjadi tren di tahun 2021. Konsep ini menggabungkan warna gelap dan terang untuk menciptakan sudut pandang unik. Interiornya sangat simpel dengan garis-garis yang halus dan clean. Sentuhan kayu atau logam juga sering digunakan sebagai aksen.

Artikel Menarik Lainnya  Desain Gentong Keramik Kamar Mandi

Keuntungan dari desain minimalis adalah bahwa kamar mandi akan terlihat lebih luas dan memudahkan dalam pemeliharaannya. Anda dapat memilih keramik berpola atau lantai kayu untuk menambah kehangatan dan kenyamanan.

3. Kamar Mandi Alami

Konsep kamar mandi yang menciptakan suasana alam berbeda dari desain kamar mandi yang lain. Dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti kayu, batu, atau tanaman hijau Anda dapat menciptakan ruang mandi yang menenangkan. Penggunaan warna-warna yang netral seperti putih, coklat, dan hijau daun juga dapat membantu menciptakan atmosfer yang damai.

Pilihan shower dengan setting yang alami seperti air terjun atau hujan lebat juga dapat menambah kesan alami. Anda juga dapat memasang jendela besar di sebelah shower untuk memberikan pemandangan alam yang menakjubkan.

4. Desain Industri

Desain industri juga menjadi pilihan yang menarik untuk kamar mandi. Anda dapat memilih bahan-bahan seperti besi atau beton sebagai aksen ruangan. Kombinasi natural dengan sentuhan modern juga menjadi daya tarik desain industri. Anda dapat melengkapi kamar mandi dengan cermin hitam atau lampu gantung retro untuk pencahayaan yang sempurna.

Namun, kamar mandi dengan desain industri juga membutuhkan perawatan yang lebih teliti. Anda harus memeriksa keberadaan korosi atau karat pada material besi dan menghindari kelembaban yang berlebihan.

5. Konsep Terbuka

Terakhir, kamar mandi dengan konsep terbuka juga menjadi tren terkini. Desain ini menghilangkan partisi atau dinding yang membatasi antara kamar mandi dengan ruangan lain. Semua peralatan seperti shower, wastafel dan bathtub terlihat terbuka.

Keuntungan dari konsep terbuka adalah menciptakan kesan luas tanpa terkesan kaku. Anda dapat menambahkan aksen seperti tanaman hijau, ornamen atau vas bunga segar untuk memberikan kesan hidup dan menyenangkan.

Artikel Menarik Lainnya  Cara Mengatasi Cacing di Kamar Mandi

Namun, konsep terbuka juga memerlukan perhatian ekstra terhadap privasi. Pastikan tidak ada area yang terlihat terlalu terbuka dari luar ruangan dan tersedia dinding partisi yang dapat digunakan jika dibutuhkan.

Kesimpulan

Desain kamar mandi yang baik harus memadukan fungsi dan keindahan. Tidak perlu mengikuti moda tren terkini aja, memilih konsep desain kamar mandi yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda adalah kunci untuk memiliki pengalaman yang menyenangkan di kamar mandi.

Ingatlah untuk memilih bahan-bahan kualitas terbaik yang tahan lama, mudah dibersihkan, dan aman bagi lingkungan serta kesehatan. Kamar mandi mungkin tidak menjadi tempat yang paling sering digunakan, namun desain dan disainnya akan menjadi faktor penting untuk menambah kualitas hidup anda.

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Dyio Handasko

Dyio Handasko

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Leave a Comment