Desain Partisi Cubicle Kamar Mandi: Apa Saja Pilihannya?

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang penting dalam sebuah bangunan, baik itu rumah, kantor, sekolah, mall, atau tempat umum lainnya. Kamar mandi haruslah bersih, nyaman, dan fungsional. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan menggunakan partisi cubicle kamar mandi.

Partisi cubicle kamar mandi adalah penyekat yang dipasang pada ruangan kamar mandi untuk memisahkan area kering dan basah, atau antara toilet dengan shower room atau wastafel. Partisi cubicle kamar mandi memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Lebih efisien karena tidak memakan tempat terlalu banyak. Dalam satu ruangan bisa diisi dengan beberapa cubicle kamar mandi.
  • Lebih fleksibel karena bisa disesuaikan dengan layout kamar mandi sesuai keinginan. Selain itu, tinggi pedestal juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi ruangan.
  • Lebih praktis, mudah, dan cepat pada saat dipasang. Partisi cubicle kamar mandi biasanya menggunakan sistem knock down yang bisa dirakit dan dibongkar dengan mudah.
  • Lebih estetis karena tersedia berbagai pilihan bahan, warna, dan desain yang bisa disesuaikan dengan tema dan konsep kamar mandi.

Jenis-Jenis Partisi Cubicle Kamar Mandi

Ada beberapa jenis partisi cubicle kamar mandi yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan selera. Berikut adalah beberapa jenis partisi cubicle kamar mandi yang paling populer dan kekinian:

Jenis Partisi Bahan Kelebihan Kekurangan
Partisi Kaca Kaca tempered dengan finishing laminated glass, painted glass, ceramic glass, atau clear glass yang di sandblasting Modern, elegan, mewah, tahan air, tahan api, mudah dibersihkan Mahal, berat, mudah pecah, kurang privasi
Partisi Phenolic Phenolic board atau papan compact laminate yang terbuat dari kraft paper yang dilaminasi dengan resin melamin dan dipress dengan tekanan tinggi Tahan air, tahan api, tahan abrasi, tahan bahan kimia, anti bakteri, tahan lama, mudah dipasang, banyak pilihan warna dan motif Cukup mahal, berat, mudah tergores
Partisi PVC Polyvinyl chloride atau plastik yang tahan terhadap air dan api Murah, ringan, tahan air, tahan api, mudah dipasang, banyak pilihan warna Kurang elegan, mudah kusam, mudah berjamur, mudah terbakar
Partisi HPL High pressure laminated atau multiplek yang dilapisi dengan HPL Murah, ringan, tidak mudah rusak, banyak pilihan motif Hanya cocok untuk toilet kering, mudah mengembang, mudah terkelupas
Artikel Menarik Lainnya  Daun Pintu Kamar Mandi Aluminium: Keunggulan dan Pilihan

Tips Memilih Partisi Cubicle Kamar Mandi

Sebelum memilih partisi cubicle kamar mandi, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

  • Ukuran dan bentuk kamar mandi. Pastikan partisi cubicle kamar mandi sesuai dengan ukuran dan bentuk kamar mandi agar tidak terlalu sempit atau terlalu luas. Jika kamar mandi berukuran kecil, sebaiknya pilih partisi yang ringan dan transparan agar tidak terkesan sumpek. Jika kamar mandi berukuran besar, sebaiknya pilih partisi yang kokoh dan berwarna agar tidak terkesan kosong.
  • Fungsi dan kebutuhan kamar mandi. Sesuaikan partisi cubicle kamar mandi dengan fungsi dan kebutuhan kamar mandi. Jika kamar mandi digunakan untuk mandi, sebaiknya pilih partisi yang tahan air dan mudah dibersihkan. Jika kamar mandi digunakan untuk toilet, sebaiknya pilih partisi yang tahan bau dan memberikan privasi.
  • Anggaran dan kualitas partisi. Tentukan anggaran yang tersedia untuk membeli partisi cubicle kamar mandi. Jangan tergiur dengan harga yang murah, tetapi perhatikan juga kualitas partisi. Pilih partisi yang sesuai dengan anggaran, tetapi juga memiliki kualitas yang baik dan awet.
  • Tema dan konsep kamar mandi. Sesuaikan partisi cubicle kamar mandi dengan tema dan konsep kamar mandi agar terlihat harmonis dan menarik. Pilih partisi yang memiliki warna, motif, dan desain yang sesuai dengan tema dan konsep kamar mandi.

Demikianlah penjelasan tentang desain partisi cubicle kamar mandi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memilih partisi cubicle kamar mandi yang tepat. Selamat mencoba! 😊

Dyio Handasko

About the author

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Tinggalkan Balasan