Ide-ide Rak di Kamar Mandi yang Kreatif dan Praktis

Kamar mandi adalah salah satu ruangan di rumah yang kerap terabaikan dalam hal penyimpanan. Padahal, banyak perlengkapan selain sabun dan sampo yang diperlukan dalam kegiatan sehari-hari yang tidak dapat diletakkan di lantai atau di atas wastafel. Maka dari itu, rak di kamar mandi menjadi solusi yang tepat agar semua peralatan dapat tersimpan dengan rapi dan mudah dijangkau. Berikut adalah ide-ide rak di kamar mandi yang kreatif dan praktis:

1. Rak sudut

Jika ruangan kamar mandi Anda tergolong mini, rak sudut bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan rak ini, sudut ruangan yang sebelumnya terabaikan bisa dimanfaatkan secara optimal dan memberikan tambahan tempat penyimpanan. Rak sudut juga dapat membuat ruangan terlihat lebih estetik dan elegan.

Rak sudut

Sumber: lifeonvirginiastreet.com

2. Rak meja rias

Tidak hanya meja rias yang memerlukan rak, area di sekitar wastafel kamar mandi juga dapat dimanfaatkan seperti meja rias. Anda dapat menambahkan tumpukan rak kecil di atas wastafel untuk menampung peralatan mandi seperti tusuk gigi, sikat gigi, dan lainnya. Rak meja rias juga bisa jadi pilihan terbaik untuk kamar mandi ukuran kecil.

Rak meja rias

Sumber: thespruce.com

3. Rak gantung

Banyak sekali barang-barang kecil seperti sisir, alat cukur, dan pemangkas kuku yang perlu tersimpan di kamar mandi. Untuk menambah tempat penyimpanan pada dinding kamar mandi, Anda dapat menggunakan rak gantung. Rak gantung juga bisa dengan mudah disingkirkan atau dipasang kembali ketika dibutuhkan atau tidak dibutuhkan.

Rak gantung

Sumber: diyprojects.com

4. Rak tension rod

Rak ini dapat dipasang hanya dengan menggunakan tension rod, tanpa perlu menempelkannya. Hal ini memudahkan Anda untuk mengganti posisi rak kapan saja. Anda dapat memasang rak tension rod dekat shower atau di sisi wastafel untuk menyimpan botol shampo dan sabun.

Artikel Menarik Lainnya  Renovate Your Bathroom: Tips and Tricks

Rak tension rod

Sumber: hometalk.com

5. Rak dudukan

Jika Anda memiliki cukup ruang kosong, cobalah untuk mempertimbangkan penggunaan rak dudukan di kamar mandi. Rak dudukan tidak hanya berfungsi sebagai penyimpanan, namun juga dapat dijadikan dekorasi kamar mandi yang chic. Anda dapat menyesuaikan bentuk dan desain rak tersebut sesuai dengan keinginan.

Rak dudukan

Sumber: stylecaster.com

6. Lemari kaca

Lemari kaca adalah solusi yang sangat baik untuk penyimpanan di kamar mandi. Perlengkapan mandi Anda dapat tersimpan di dalam lemari kaca tetap bersih dan terlindungi dari uap air. Selain itu, lemari kaca juga dapat memberikan kesan elegan dan mewah pada kamar mandi Anda.

Lemari kaca

Sumber: homedit.com

Semua ide tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda. Menggunakan rak yang tepat akan membantu Anda mengatasi masalah penyimpanan di kamar mandi dan menjadikannya lebih terorganisir. Rak juga dapat memberikan sentuhan dekorasi pada ruangan dimana kamar mandi Anda berada.

Bagaimana Anda akan punya tempat penyimpanan di kamar mandi tanpa harus memaksakan sesuatu?

Bagi sebagian dari kita yang tinggal di rumah kecil atau kos-kosan, kamar mandi kerap menjadi tempat penyimpanan perlengkapan mandi dan obat-obatan. Hal ini tentu saja tidak baik untuk ruangan yang seharusnya bersih dan nyaman Anda gunakan untuk mandi dan bersih-bersih tubuh. Belum lagi efeknya pada penampilan kamar mandi yang terkesan kumuh dan tidak menarik.

Solusinya adalah dengan menggunakan rak-rak yang praktis dan kreatif. Akan lebih baik apabila rak-rak tersebut mudah untuk dipasang dan diambil ketika diperlukan. Sementara itu, penggunaan rak-rak yang stylish akan membuat kamar mandi terlihat lebih menarik, sehingga pada akhirnya Anda akan merasa lebih nyaman dan betah di dalamnya.

Artikel Menarik Lainnya  Pintu Kamar Mandi Aluminium Kaca Minimalis

Dalam kondisi seperti apa rak-rak tersebut direkomendasikan?

Seperti yang sudah disebutkan, rak-rak tersebut sangat cocok jika digunakan di dalam kamar mandi yang minim ruang atau mungkin kamar mandi kos-kosan Anda yang memiliki ukuran lebih kecil. Kelebihan lainnya adalah penggunaannya dapat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

Namun, meskipun Anda memiliki kamar mandi yang ukurannya cukup luas dan mampu menyimpan perlengkapan mandi lebih banyak lagi, penggunaan rak-rak tersebut tetap cukup direkomendasikan. Alasannya, rak tersebut akan membantu membersihkan lebih mudah dan merapikan perlengkapan mandi Anda. Sehingga selain terlihat estetik, kamar mandi Anda juga lebih bersih dan rapi.

Apa saja hal-hal yang harus diingat saat mengganti rak lama dengan rak yang lebih fungsional?

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mengganti rak kamar mandi adalah sebagai berikut:

  • Perhatikan tempat yang akan dipasang rak. Pastikan tidak menghalangi akses ke area tertentu, seperti pintu atau jendela. Rak dapat dengan mudah diatur ulang jika lokasinya tidak tepat pada awalnya, jadi jangan terlalu khawatir.
  • Pertimbangkan jumlah dan jenis perlengkapan mandi yang akan disimpan di rak tersebut. Jika Anda memiliki banyak botol shampo berukuran besar atau produk perawatan rambut lainnya, maka rak dengan ukuran besar dan penyangga yang lebih kuat akan lebih tepat.
  • Sesuaikan rak dengan dekorasi kamar mandi Anda. Sebagai contoh, jika desain kamar mandi Anda minimalis, maka Rak sudut atau rak dudukan akan lebih tepat.

Kesimpulan

Penyimpanan yang baik adalah kunci untuk menjaga kamar mandi agar tetap bersih dan tertata rapi. Penggunaan rak-rak kreatif dan praktis dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Dari rak sudut, rak meja rias, rak gantung, rak tension rod, rak dudukan, dan lemari kaca, semuanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Artikel Menarik Lainnya  Remodeled Bathrooms with Tile: Transforming Your Space

Pilihlah rak yang sesuai dengan dekorasi kamar mandi Anda dan pastikan untuk mempertimbangkan ukurannya dan barang yang akan disimpan di dalamnya. Dengan demikian, kamar mandi Anda akan segera terlihat lebih rapi, terorganisir, dan menarik.

Dyio Handasko

About the author

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Tinggalkan Balasan