Pasang Pintu PVC Kamar Mandi: Cara, Kelebihan, dan Kekurangan

Pintu PVC kamar mandi adalah salah satu jenis pintu yang sering digunakan untuk kamar mandi karena memiliki beberapa kelebihan, seperti tahan air, tahan jamur, tahan karat, mudah dibersihkan, dan murah. Namun, pintu PVC kamar mandi juga memiliki beberapa kekurangan, seperti mudah rusak, mudah terbakar, dan kurang estetis. Berikut ini adalah cara, kelebihan, dan kekurangan dari pintu PVC kamar mandi.

Cara Pasang Pintu PVC Kamar Mandi

Untuk memasang pintu PVC kamar mandi, Anda memerlukan beberapa alat dan bahan, seperti pintu PVC, kusen PVC, engsel, kunci, baut, mur, bor, obeng, meteran, pensil, dan gergaji. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Ukur lebar dan tinggi lubang pintu kamar mandi dengan meteran dan tandai dengan pensil.
  2. Potong kusen PVC sesuai dengan ukuran lubang pintu dengan gergaji. Pastikan kusen PVC memiliki celah sekitar 1 cm di setiap sisinya untuk memudahkan pemasangan pintu.
  3. Pasang kusen PVC pada lubang pintu dengan baut dan mur. Gunakan bor untuk membuat lubang pada kusen dan dinding, lalu masukkan baut dan mur. Kencangkan dengan obeng.
  4. Pasang engsel pada pintu PVC dengan baut dan mur. Gunakan bor untuk membuat lubang pada pintu dan engsel, lalu masukkan baut dan mur. Kencangkan dengan obeng.
  5. Pasang kunci pada pintu PVC dengan baut dan mur. Gunakan bor untuk membuat lubang pada pintu dan kunci, lalu masukkan baut dan mur. Kencangkan dengan obeng.
  6. Pasang pintu PVC pada kusen dengan engsel. Pastikan pintu dapat dibuka dan ditutup dengan lancar dan rapat.
  7. Selesai. Anda dapat membersihkan pintu PVC kamar mandi dengan kain basah atau lap kering.
Artikel Menarik Lainnya  Berapa Lama Pasang Keramik Kamar Mandi?

Kelebihan Pintu PVC Kamar Mandi

Pintu PVC kamar mandi memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Tahan air. Pintu PVC kamar mandi tidak akan mengembang, melengkung, atau membusuk akibat terkena air atau kelembaban.
  • Tahan jamur. Pintu PVC kamar mandi tidak akan ditumbuhi jamur, lumut, atau bakteri yang dapat menyebabkan bau atau penyakit.
  • Tahan karat. Pintu PVC kamar mandi tidak akan berkarat, berubah warna, atau berkarat akibat terkena oksidasi atau korosi.
  • Mudah dibersihkan. Pintu PVC kamar mandi dapat dibersihkan dengan mudah dengan kain basah atau lap kering tanpa perlu cat ulang atau poles.
  • Murah. Pintu PVC kamar mandi memiliki harga yang relatif murah dibandingkan dengan pintu kamar mandi lainnya, seperti kayu, aluminium, atau kaca.

Kekurangan Pintu PVC Kamar Mandi

Pintu PVC kamar mandi juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

  • Mudah rusak. Pintu PVC kamar mandi dapat rusak akibat benturan, goresan, atau tekanan yang kuat. Pintu PVC kamar mandi juga sulit untuk diperbaiki atau diganti jika rusak.
  • Mudah terbakar. Pintu PVC kamar mandi dapat terbakar akibat api atau panas yang tinggi. Pintu PVC kamar mandi juga dapat meleleh atau mengeluarkan asap yang berbahaya jika terbakar.
  • Kurang estetis. Pintu PVC kamar mandi memiliki tampilan yang kurang menarik dibandingkan dengan pintu kamar mandi lainnya, seperti kayu, aluminium, atau kaca. Pintu PVC kamar mandi juga memiliki variasi warna dan motif yang terbatas.

Tabel Perbandingan Jenis Pintu Kamar Mandi

Berikut ini adalah tabel perbandingan antara pintu PVC kamar mandi dengan pintu kamar mandi lainnya, seperti kayu, aluminium, dan kaca.

Jenis Pintu Kelebihan Kekurangan Harga
PVC Tahan air, tahan jamur, tahan karat, mudah dibersihkan, murah Mudah rusak, mudah terbakar, kurang estetis Rp 300.000 – Rp 500.000
Kayu Kuat, awet, estetis, mudah diperbaiki Tidak tahan air, tidak tahan jamur, tidak tahan karat, sulit dibersihkan, mahal Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000
Aluminium Ringan, tahan air, tahan jamur, tahan karat, mudah dibersihkan Mudah penyok, mudah berisik, kurang estetis, mahal Rp 1.500.000 – Rp 2.500.000
Kaca Transparan, tahan air, tahan jamur, tahan karat, mudah dibersihkan, estetis Rapuh, mudah pecah, mudah kotor, mahal Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000
Artikel Menarik Lainnya  Arti Ular Masuk Kamar Mandi: Mitos, Makna, dan Tafsir Mimpi

Demikianlah penjelasan tentang cara, kelebihan, dan kekurangan dari pintu PVC kamar mandi. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam memilih pintu kamar mandi yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Jika Anda ingin melihat video tutorial tentang cara pasang pintu PVC kamar mandi, Anda dapat mengunjungi link ini, link ini, atau link ini.

Tania Evalina

About the author

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan