Ukuran Ideal Kamar Mandi Dalam Kamar Tidur

Memiliki kamar mandi di dalam kamar tidur menawarkan kenyamanan dan privasi, namun penting untuk mempertimbangkan ukuran yang ideal agar tidak mengurangi fungsi dan estetika ruangan. Berikut adalah tabel perbandingan ukuran kamar mandi dalam kamar tidur yang ideal:

Ukuran Kamar Tidur (m²) Ukuran Kamar Mandi (m²) Deskripsi
20 (4×5) 6.5 (2.5×2.6) Luas dan nyaman, cocok untuk kamar utama dengan connecting door ke kamar anak.
15 (3×5) 3 (1×3) Cukup besar, kamar mandi memanjang mengikuti dimensi panjang ruangan.
12 (3×4) 2 (1×2) Ideal tanpa kamar mandi, tapi jika perlu, bisa ditambahkan kamar mandi mungil.
< 12 2.25 (1.5×1.5) Jika sangat diperlukan, kamar mandi minimalis masih bisa ditambahkan.
9 (3×3) 0.75 (0.5×1.5) Sangat terbatas, cukup untuk toilet duduk dan keran air.

Ukuran kamar mandi dalam kamar tidur yang ideal bergantung pada luas kamar tidur itu sendiri. Untuk kamar tidur utama yang luas, kamar mandi berukuran 2.5×2.6 meter persegi dapat memberikan kenyamanan maksimal. Sementara itu, untuk kamar tidur yang lebih kecil, kamar mandi dengan ukuran minimalis 1.5×1.5 meter persegi masih dapat berfungsi dengan baik tanpa mengorbankan kenyamanan ruangan.

Dalam mendesain kamar mandi dalam kamar tidur, pertimbangkan juga aspek pencahayaan, ventilasi, dan pemilihan perabotan yang sesuai. Gunakan warna-warna cerah untuk memberikan kesan lapang dan pastikan kamar mandi selalu dalam keadaan bersih dan harum untuk kenyamanan maksimal.

Artikel Menarik Lainnya  Desain Kamar Mandi Kecil: Trik dan Tips untuk Membuatnya Lebih Praktis
Dyio Handasko

About the author

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Tinggalkan Balasan