10 Inspirasi Dekorasi Kamar dengan Ide DIY yang Mudah Dicoba

Kamar tidur adalah tempat yang paling intim di dalam rumah, tempat di mana Anda berkembang dan bersantai setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Karena itu, sangat perlu untuk menjaga kenyamanan di dalam kamar tersebut supaya Anda bisa mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.

Salah satu cara untuk menciptakan kenyamanan tersebut adalah dengan mendekorasi kamar Anda. Tapi, mungkin ada beberapa kendala, seperti anggaran yang minim atau terbatasnya waktu untuk mempercantik kamar tersebut. Nah, jangan khawatir karena di sini kita akan memberikan ide-ide dekorasi kamar yang mudah dan terjangkau, yaitu dengan ide DIY (Do It Yourself). Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tabung Lampu

Anda merasa bosan dengan lampu Anda yang biasa-biasa saja? Anda bisa membuat lampu yang lebih unik dengan membuat tabung lampu dengan kertas kresek dan dekorasi yang Anda inginkan.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membentuk kertas kresek seperti tabung, dan melekatkannya dengan lem. Setelah itu, lengkapi dengan dekorasi yang sesuai dengan Anda.

2. Gorden Kain Batik

Jendela yang terlalu terang atau cahaya yang masuk ke dalam kamar bisa membuat tidur Anda menjadi terganggu. Oleh karena itu, gorden bisa menjadi solusi. Tapi tentu saja Anda ingin gorden yang unik dan berbeda?

Anda bisa membuat gorden kain batik yang terlihat cantik dan unik. Caranya mudah, hanya dengan membeli kain batik dan mengukur kain sesuai dengan ukuran jendela. Lalu, jahitlah sesuai dengan ukuran jendela. Jangan lupa untuk menambahkan kepala gorden agar gorden bisa dipasangkan di atas jendela.

Artikel Menarik Lainnya  Cara Dekorasi Kamar Asrama: Tips dan Trik

3. Rak Buku dari Kardus

Kalau Anda punya banyak buku dan tidak punya rak buku, jangan khawatir, Anda bisa membuat rak buku dari kardus. Caranya mudah, Anda hanya perlu memotong kardus dan merekatkannya dengan lem. Lalu, Anda bisa memperindah rak buku tersebut dengan dekorasi yang Anda suka.

4. Lampu Tidur Unik

Lampu tidur juga bisa dibuat menjadi lebih unik dengan sentuhan DIY. Anda bisa membuat sebuah lampu tidur dari bola kapas dan lampu kecil.

Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membentuk bola kapas, lalu masukkan lampu kecil ke dalam bola kapas tersebut. Setelah itu lengkapi dengan hiasan lainnya yang sesuai dengan selera Anda.

5. Dekorasi Dinding dengan Kain Batik

Anda bisa membuat dinding kamar yang polos terlihat lebih hidup dengan hiasan kain batik. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membeli kain batik, lalu potong sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah itu, Anda bisa menempelkan kain tersebut ke dinding dengan bantuan lem.

6. Frame Foto

Koleksi foto kenangan Anda dapat dipajang dalam frame foto yang unik. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencari bahan-bahan sisa, seperti karton atau kardus bekas. Lalu, potonglah bahan tersebut sesuai ukuran foto. Setelah itu, lingkarkan tali di sekitar bahan tersebut dan pasangkan foto di dalamnya.

7. Hiasan Dinding Kamar Berupa Plakat Besi

Ingin suasana kamar yang vintage? Anda bisa mencoba memasang plakat besi di dinding kamar Anda. Caranya mudah, Anda hanya perlu mencari plakat besi yang unik atau bisa juga membuatnya dari limbah kayu/kardus dan mencetak desain plakat di atasnya menggunakan printer. Lalu, pasang plakat tersebut di dinding.

Artikel Menarik Lainnya  Traditional Bedroom Ideas: Bringing Back Timeless Elegance

8. Rak Gantung

Selain rak buku dari kardus, Anda juga bisa membuat rak gantung untuk menaruh barang-barang seperti baju atau tas. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu memanfaatkan bahan seperti kayu bekas dan kawat pengikat.

Potong kayu bekas sesuai dengan panjang rak yang Anda inginkan, lalu pasangkan kawat pengikat di ujung kayu tersebut. Rak gantung siap digunakan.

9. Lukisan Abstrak

Agar kamar Anda lebih artistik, Anda bisa memasang lukisan abstrak di dinding kamar Anda. Caranya mudah, Anda hanya perlu mengikuti beberapa tutorial lukisan abstrak dari Youtube. Setelah itu membuat lukisan abstrak tersebut di atas media kanvas atau kayu.

10. Tangga untuk Pajangan

Jika Anda punya lebih banyak barang pajangan yang ingin dipamerkan, Anda bisa memasang tangga kayu atau metal yang ditempelkan pada dinding kamar. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan kayu bekas atau papan bekas dan menambahkan kawat pengikat pada bagian ujung setiap tangga.

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh ide dekorasi kamar dengan sentuhan DIY yang murah dan mudah dicoba. Anda dapat memilih salah satu atau menggabungkan ide-ide tersebut untuk menghasilkan kamar yang lebih indah dan nyaman.

Jangan takut untuk mencoba, karena dengan sedikit usaha dan kreativitas, Anda bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Selain membuat Anda lebih menyukai kamar Anda, dekorasi kamar yang baik juga dapat membantu Anda untuk lebih rileks dan merasa tenang di rumah.

Agung Sedayu

About the author

Dalam dunia teknisnya, Agung Sedayu menemukan kebahagiaan melalui desain rumah dan interior. Menggabungkan kecintaannya pada teknologi dengan estetika menciptakan harmoni fungsi dan gaya.

Tinggalkan Balasan