Cara Dekorasi Kamar Asrama: Tips dan Trik

Sysca Gevoni

Apakah kamu akan tinggal di asrama untuk pertama kalinya? Atau mungkin sudah lebih berpengalaman dan ingin merubah suasana kamar asrama menjadi lebih nyaman? Apapun alasannya, dekorasi kamar asrama dapat membuat tinggal di tempat yang tidak begitu nyaman terasa menjadi lebih hangat dan menyenangkan.

Berikut tips dan trik untuk dekorasi kamar asrama yang mudah, murah, namun tetap menarik dan fun.

Pertama: Periksa Peraturan Asrama

Sebelum mulai berdekorasi, pastikan bahwa kamu telah memeriksa peraturan asrama terkait dekorasi kamar. Beberapa asrama mungkin memiliki aturan yang ketat terkait penghiasan kamar, seperti larangan menempelkan apa pun pada dinding. Pastikan kamu mengetahui peraturan tersebut agar tidak terkena sanksi atau denda akibat kelalaian.

Kedua: Tentukan Konsep Dekorasi

Mulailah dengan menentukan konsep dekorasi yang ingin kamu terapkan pada kamar asrama. Apakah kamu ingin tampil minimalis dan simpel? Atau mungkin kamu ingin mengekspresikan gaya pribadi dengan dekorasi yang unik dan berbeda?

Pilih konsep dekorasi yang kamu sukai dan sesuai dengan kepribadianmu. Ide-ide dekorasi dapat kamu temukan dari internet atau majalah dekorasi. Pilih desain yang mudah diterapkan dan minimalis agar mudah diatur di dalam kamar asrama yang seringkali berukuran kecil.

Ketiga: Buat Catatan Belanja

Setelah menentukan konsep dekorasi kamar asrama, buatlah catatan belanja untuk membeli perlengkapan dekorasi yang dibutuhkan. Buatlah daftar yang terperinci tentang perlengkapan apa saja yang dibutuhkan, jangan sampai memboroskan uang untuk barang yang tidak diperlukan.

Beberapa perlengkapan dekorasi yang dapat kamu beli antara lain:

  • Tirai atau gorden
  • Karpet
  • Poster atau lukisan
  • Lampu tidur
  • Bantal dan selimut
  • Rak dinding
Artikel Menarik Lainnya  Tempat Tidur Tersembunyi di Dinding: Solusi Terbaik untuk Hunian yang Kecil

Pastikan untuk memilih barang yang berkualitas dan dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Keempat: Buat Kontras Warna

Kamar asrama seringkali datar dan terasa membosankan. Oleh karena itu, buatlah suasana yang menyenangkan dengan kombinasi warna yang menarik. Pilih warna-warna cerah seperti kuning, hijau, atau biru yang ceria dan menenangkan. Atau, pilih warna-warna yang lebih bold untuk tampilan yang lebih berani dan unik.

Tambahkan aksen warna pada perabotan kamar seperti seprai, bantal, dan karpet. Namun, jangan terlalu banyak menggunakan aksen warna yang dapat membuat kamar terlihat berantakan dan berlebihan.

Kelima: Buat Penataan yang Rapi

Kamar asrama umumnya memiliki ukuran yang kecil, namun kamu dapat membuat kamar terasa lebih luas dengan penataan yang rapi. Buatlah area yang terpisah untuk tempat tidur, belajar, dan menjemur pakaian. Gunakan rak dinding atau kotak penyimpanan untuk barang-barang seperti buku dan bahan belajar.

Pastikan pula bahwa kamar asrama tetap terasa memadai untuk bergerak dan menata diri. Jangan menempatkan terlalu banyak barang di dalam kamar sehingga terkesan berantakan dan sesak.

Keenam: Berkreasi pada Dinding

Dinding adalah area yang terlihat sangat kosong dan dapat dipenuhi dengan karya seni atau dekorasi lainnya. Temukan poster atau lukisan yang sesuai dengan konsep dekorasi atau gunakan foto-foto pribadi kamu untuk membuat karya seni unik dan bernilai estetik.

Selain itu, dapat juga menempelkan stiker atau tape yang menarik pada dinding sebagai penghiasan sederhana namun menarik.

Kesimpulan

Dekorasi kamar asrama dapat menghadirkan suasana yang berbeda dan lebih nyaman bagi mereka yang tinggal di asrama. Konsep yang diterapkan harus sesuai dengan kepribadian kamu dan dapat membuat kamar terlihat lebih menarik.

Artikel Menarik Lainnya  Bohemian Chic Bedroom: Cara Membuatnya

Pastikan untuk memeriksa peraturan asrama terkait penghiasan kamar, membuat konsep dekorasi yang sederhana dan mudah diaplikasikan, melakukan pembelian yang benar dan efisien, menambahkan aksen warna, membuat penataan yang rapi, berkreasi pada dinding, dan memperhatikan kenyamanan terkait standar penataan kamar.

Saat dekorasi kamar asrama telah selesai, akan ada suatu kebanggaan tersendiri saat memasuki kamar setiap hari, dan akan terasa seperti kamar pribadi yang nyaman dan menyenangkan untuk dihuni.

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Sysca Gevoni

Sysca Gevoni

Gadis muda berpendidikan tinggi, Sysca Gevoni, memadukan kecerdasannya dengan cinta pada desain rumah modern dan interior. Membawa inovasi dan gaya ke dalam setiap proyek dengan semangat muda yang enerjik.

Tinggalkan komentar