Ide Kamar Tidur Kecil untuk Maksimalkan Ruangan

Kamar tidur yang kecil bukanlah halangan bagi kamu untuk membuatnya nyaman dan fungsional. Bahkan, dengan sedikit sentuhan dan ide kreatif, bisa membuat kamar tidur jadi lebih luas dan menyenangkan. Simak ide-ide kamar tidur kecil berikut ini untuk mengubah kamar tidur kecil jadi lebih efisien dan indah.

1. Gunakan Warna Terang

Kamu dapat memperbesar ruang dengan mempergunakan warna yang terang. Warna-warna terang menciptakan kesan ruang yang luas, sedangkan warna-warna gelap membuat kamar terlihat lebih sempit. Berikan sentuhan warna cerah pada dinding, bedcover, karpet, dan bantal.

2. Pilih Furnitur yang Proporsional

Pertimbangkan ukuran furnitur ketika membeli furnitur untuk kamar tidur kecil. Jangan jadikan kamar terlalu penuh dengan furnitur. Pilih furnitur yang kecil, proporsional dengan ukuran kamar tidur. Coba pikirkan kasur ukuran queen atau king yang akan mengurangi ruang gerak di kamar, cobalah kasur dengan ukuran yang lebih kecil, seperti single atau double.

3. Letakkan Cermin di Dinding

Tempatkan cermin besar di dinding untuk membantu menciptakan kesan ruang yang lebih besar. Cermin yang diletakkan di sisi jendela akan merefleksikan cahaya alami dan menciptakan ruangan yang lebih cerah. Kamu juga bisa meletakkan lebih dari satu cermin di kamar tidur kecil untuk menciptakan kesan ruangan yang lebih luas.

4. Gunakan Tempat untuk Penyimpanan

Cr : Pinterest

Artikel Menarik Lainnya  Ide Dekorasi Kamar yang Menarik dan Menginspirasi

Manfaatkan setiap sudut ruang dengan memasang rak dan tempat penyimpanan lainnya. Kamu bisa menggunakan boks dan keranjang untuk menata pakaian di dalam lemari tanpa mengacaukan ketertiban ruangan. Rak buku kecil dan tempat penyimpanan lainnya bisa diletakkan di dinding atau di bawah tempat tidur untuk memaksimalkan penggunaan ruangan yang tersedia.

5. Pilih Furnitur yang Ganda Fungsi

Gunakan furnitur yang bisa menggabungkan dua fungsi, apa saja itu? Kursi bisa dipilih berisi tempat penyimpanan, atau tempat tidur yang memiliki gudang penyimpanan di bawahnya adalah beberapa ide furnitur ganda yang bisa dimanfaatkan. Dengan furnitur seperti ini membuat ruangan lebih teratur ditambah dengan barang-barang yang bisa tersembunyi dengan rapi.

6. Buat Beberapa Titik Fokus

Cr : Pinterest

Dalam ruangan yang kecil, menciptakan beberapa titik fokus bisa menciptakan kesan ruangan yang lebih luas. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti memasang hiasan dinding, menggantungkan lampu kecil, sampai pada pilihan curtain atau gorden yang unik yang dapat membuat kesan ruangan yang berbeda.

7. Buat Fokus pada Detail

Ciptakan fokus pada sebuah detail yang spesial, terutama pada benda yang agak besar yang mungkin akan menarik banyak perhatian. Beberapa ide, kamu bisa memilih duvet yang memiliki corak yang menarik, memilih lampu gantung unik, memasang stiker pada dinding, dan efek lain yang menarik dan unik.

8. Buat Atmosfir yang Menenangkan

Cr : Pinterest

Jangan takut untuk memasang dekorasi yang simple, minimalis dan elegan. Buatlah ruangan yang terlihat tenang dan nyaman dengan memberikan sentuhan diy dan perabot sederhana tapi elegan. Sebuah kutipan inspiratif bisa juga menjadi solusi kecil untuk membuat kamar terlihat lebih karakter.

Artikel Menarik Lainnya  Ide Kamar Tidur Pink Camo

9. Pilih Dipan yang Lebih Tinggi

Saat memilih bed, cobalah untuk memilih dipan yang sedikit lebih tinggi dari tanah. Dengan begitu, kamu bisa menyimpan barang-barang dengan lebih gampang dan aman dari debu. Di bawah tempat tidur bisa menampung banyak barang dan tempat penyimpanan yang bisa membantu membuat ruangan lebih eksklusif.

10. Bermain dengan Pencahayaan

Cr : Pinterest

Benar-benar tidak ada ruang yang terlalu kecil untuk memiliki pencahayaan yang bagus. Pilih lampu gantung dengan bentuk yang unik, tirai atau gorden yang transparan, membuat lampu menonjolkan sudut sorot kedalam ruangan, beberapa ide pencahayaan kecil lainnya bisa membuat pencahayaan lebih indah dan menghadirkan fasilitas yang bisa membuat ruangan terasa hangat dan luas.

Kesimpulan

Jika kamu berfikir kreatif dan memiliki sedikit imajinasi, ruangan kecil pun bisa menjadi tempat yang nyaman dan fungsional. Kamu bisa melihat kamar tidur kecil sebagai tantangan atau peluang untuk menghasilkan kreatifitas. Simpan artikel ini, maka kamu akan selalu mempunyai sumber daya yang bisa menginspirasi kamar anda selanjutnya.

Sysca Gevoni

About the author

Gadis muda berpendidikan tinggi, Sysca Gevoni, memadukan kecerdasannya dengan cinta pada desain rumah modern dan interior. Membawa inovasi dan gaya ke dalam setiap proyek dengan semangat muda yang enerjik.

Tinggalkan Balasan