Merawat Tanaman di Kamar Asrama

Tania Evalina

Jika Anda tinggal di asrama atau apartemen kampus, dapatkan tanaman hijau untuk kamar Anda! Trend tanaman di dalam ruangan menjadikannya semakin mudah ditemui di toko-toko pertanian urban dan bahkan di pasar swalayan. Namun, kemudahan dalam membelinya tidak selalu diikuti dengan kemudahan dalam perawatannya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat tanaman di dalam ruangan di kamar asrama atau apartemen kampus:

Pilih Tanaman yang Tepat

Pilih tanaman yang tepat untuk lingkungan dan situasi kamar Anda. Beberapa tanaman yang mudah dirawat dan cocok untuk lingkungan dalam ruangan adalah:

  • Pothos: Tanaman yang sangat mudah dirawat dan tumbuh subur di banyak kondisi cahaya.
  • Spider plant: Tanaman dengan daun tipis yang elegan dan mudah dirawat.
  • Snake plant: Tanaman yang sangat mudah dirawat, cocok untuk kondisi paling minim cahaya sekalipun.
  • Rubber tree: Tanaman yang sangat bagus untuk menambahkan hijau ke kamar Anda. Diakui untuk kemampuan menghilangkan polusi udara di dalam ruangan.
  • Fiddle leaf fig tree: Tanaman ini cukup populer dan menambahkan nilai estetika yang besar pada kamar Anda. Namun, memerlukan sedikit perawatan ekstra. Pastikan tanaman ini tidak terlalu sering terkena sinar matahari langsung.

Pastikan juga Anda memilih pot yang tepat untuk tanaman Anda. Pastikan pot memiliki lubang di bagian bawah dan ukurannya pas dengan ukuran tanaman Anda.

Berikan Cahaya yang Cukup

Tanaman membutuhkan cahaya untuk tumbuh, jadi jangan biarkan mereka berada di tempat yang terlalu gelap. Namun, ingat bahwa sinar matahari langsung dapat membakar tanaman. Jika Anda tidak memiliki akses ke jendela yang cukup, pertimbangkan untuk membeli lampu tanaman. Lampu ini dapat memperkuat cahaya dan membantu tanaman tumbuh subur.

Artikel Menarik Lainnya  LAMPU UNTUK KAMAR TIDUR: MEMBUAT RUANGAN DAPAT DINIKMATI DENGAN CERDAS

Air Goreng atau Terlalu Banyak?

Kebanyakan tanaman dalam ruangan lebih baik didalam pot dengan tanah yang lembap daripada terlalu kering. Kebanyakan tanaman membutuhkan penyiraman teratur, namun hindarilah membiarkan tanah tergenang air. Pastikan pot memiliki lubang di bagian bawah. Air dan biarkan tanah menyerap air selama beberapa menit kemudian salurkan kelebihan air.

Pastikan juga bahwa tanaman Anda tidak terlalu banyak diberi air. Terlalu banyak air dapat merusak akar tanaman dan menyebabkan pertumbuhan jamur.

Perawatan Ekstra

Beberapa tanaman membutuhkan perawatan ekstra:

  • Fiddle leaf fig trees: Kebersihan adalah kunci dari tanaman ini. Bersihkan dedaunan dengan kain atau tisu lembut untuk menghilangkan debu. Pastikan tanaman ini tidak terlalu sering terkena sinar matahari langsung.
  • Rubber trees: Tanaman ini membutuhkan kelembaban yang cukup untuk tumbuh subur. Pertimbangkan untuk menggunakan penyangga dengan bahan yang dapat menyerap kelembaban.
  • Snake plants: Tanaman ini tidak memerlukan banyak air, tetapi mereka juga tidak tumbuh subur dalam tanah yang terlalu kering. Pastikan Anda tidak mengenyahkan air terlalu banyak.

Tetapkan Tujuan

Terakhir, tetapkan tujuan bagi tanaman Anda. Apakah Anda ingin menambahkan sedikit hijau ke kamar Anda? Atau apakah Anda ingin menghilangkan beberapa polusi udara di dalam ruangan? Tujuan ini dapat memberi Anda motivasi untuk merawat tanaman Anda dengan lebih baik.

Ringkasan

Membeli dan merawat tanaman di asrama kampus atau apartemen dapat menjadi terapi yang baik untuk kesehatan mental Anda. Tetapkan tujuan Anda dan pilih tanaman yang tepat untuk lingkungan dan situasi kamar yang akan merawat seperti pothos, spider plant, snake plant, rubber tree, dan fiddle leaf fig tree. Selama memberi cahaya yang cukup dan air dengan benar, mereka akan tumbuh subur dan memberi Anda suasana hati yang terang dan hijau!

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Tania Evalina

Tania Evalina

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan komentar