Desain Area Lobby Kantor: Membangun Citra yang Berkelas


Sebagian besar karyawan memulai harinya dengan memasuki area lobby kantor tempat mereka bekerja. Oleh karena itu, tak mengherankan jika para pengelola kantor berusaha untuk memberikan tampilan dan kesan yang terbaik bagi para pengunjung dan karyawan yang memasuki area ini. Desain lobby kantor yang efektif dapat menjadi wujud dari nilai perusahaan yang dipadukan dengan seni dan fungsionalitas yang menarik.

Desain lobby kantor yang menarik tidak hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan dan serta meningkatkan citra perusahaan. Inilah alasan mengapa desain lobby kantor yang efektif harus menarik perhatian dan memberi dampak positif pada klien dan karyawan.

Menyejukkan pikiran dengan Nuansa Alam

Dalam desain lobby kantor, banyak pengelola kantor yang memilih nuansa alam untuk menciptakan suasana yang nyaman dan bersahabat. Area yang ramah lingkungan mendukung suasana kerja yang santai dan efektif. Penggunaan dinding hijau hidup, kolam air, dan tekstur kayu membantu memberikan kesan tenang, nyaman dan santai pada pengunjung.

Analogi tentang daun hijau mampu memberikan kesan relaksasi dan ketenangan. Sebuah kolam air dapat membangkitkan perasaan kesegaran dan ketenangan emosional. Ini memberikan peluang untuk merefleksikan pikiran, dan mendekati sesuatu dengan lebih baik. Penggunaan kecambah pada interior lobby kantor juga dapat berfungsi sebagai ikon hijau atau planet ramah lingkungan.

Pencahayaan yang Menyenangkan

Pencahayaan merupakan salah satu aspek paling penting dalam desain lobby kantor yang efektif. Pencahayaan yang tepat dapat memberikan dampak positif pada perasaan pengunjung, dan juga dapat meningkatkan produktivitas dan energi karyawan.

Artikel Menarik Lainnya  Desain Meja Kantor: Kunci untuk Produktivitas Tinggi

Penggunaan sinar matahari alami akan mendistribusikan cahaya dan udara bersih dari luar ke dalam bangunan. Sebuah jendela hingga atap juga dapat membantu model atmosfer yang diberikan oleh cahaya matahari.

Namun, apabila sinar matahari tidak tersedia, pencahayaan artifial dapat menjadi solusi. Ada beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan yang tepat untuk area lobby kantor, seperti:

  • Lampu langit-langit yang dapat diatur ke tingkat kecerahan yang tepat
  • Reflektor lampu dinding
  • Lampu strategis yang bertujuan pada arsitektur
  • Lampu pencahayaan pada area lantai

Nice Touch of Art

Karya seni adalah cara yang efektif untuk meningkatkan citra dan kesan positif pada klien pengunjung dan karyawan. Karya seni dapat menunjukkan rasa seni dan estetika perusahaan, dan juga dapat mendukung posisi atau lini bisnis yang ditekuni kantor.

Desain ukiran tunggal yang terletak di samping lift atau dinding lukisan dapat memberikan kesan profesional dan estetik pada area lobby kantor. Koleksi seni kantor juga merupakan pilihan yang baik dalam memperindah ruangan dan memberikan impresi positif pada rekan bisnis dan pengunjung kantor.

Namun, pengelola kantor harus memilih desain karya seni yang tepat. Karya seni yang sesuai gaya arsitekturnya dapat meningkatkan citra atau lini-bisnis yang ingin digambarkan kantor.

Elemen dan Aksen yang unik

Desain lobby kantor yang efektif harus mencerminkan cita rasa, nilai-nilai, dan branding dari kantor. Namun, pengelola kantor juga harus mempertimbangkan anggaran dan sumber daya yang tersedia saat menentukan desain.

Beberapa elemen yang harus diperhatikan dalam desain lobby kantor yang efektif adalah sebagai berikut:

  • Pilihan bahan yang berkualitas baik untuk semua elemen desain
  • Elemen desain yang konsisten, seperti warna dan garis, untuk mencapai tampilan yang koheren
  • Aksen dekoratif seperti karpet, sofa kulit, tanaman hijau, dan pahatan yang dapat memperkaya tampilan dan suasana lobby
  • Menyediakan kursi yang nyaman dan lebih privat bagi pengunjung untuk menerima tamu mereka
Artikel Menarik Lainnya  Organisasi Kantor Rumah: Cara Menjaga Produktivitas di Rumah

Kesimpulan

Desain yang tepat untuk area lobby kantor sangat penting untuk mencerminkan tingkat keprofesionalan dan citra yang diinginkan kantor. Desain yang efektif harus mencerminkan nilai-nilai kantor, dan harus menciptakan suasana yang relaks. Meningkatkan desain lobby kantor menjadi lebih personal memberikan pandangan memukau bagi para pengunjung, meningkatkan produktivitas karyawan, dan meningkatkan citra perusahaan.

Dalam memperbaiki desain dan memperindah area lobby kantor, pengelola kantor harus mempertimbangkan kerjasama dengan profesional interior sebagai saran dan pendapat. Hal ini dapat membantu pengelola kantor untuk menciptakan desain yang efektif untuk memberikan kesan kedepan yang positif.

Sysca Gevoni

About the author

Gadis muda berpendidikan tinggi, Sysca Gevoni, memadukan kecerdasannya dengan cinta pada desain rumah modern dan interior. Membawa inovasi dan gaya ke dalam setiap proyek dengan semangat muda yang enerjik.

Tinggalkan Balasan