Desain Kantor Kreatif: Mengoptimalkan Produktivitas dengan Kreativitas

Kantor bukan lagi sebuah ruangan dengan meja dan kursi, aksen abu-abu dan angka-angka di atas kertas. Kantor sekarang adalah tempat yang bisa membantu mengembangkan kemampuan kreatifitas staf, meningkatkan hubungan antara mereka dan mendorong produktivitas di dalam ruangan. Desain kantor yang kreatif dan inovatif telah menjadi tren yang berkembang di kalangan perusahaan saat ini, karena dianggap membawa banyak manfaat dan efek positif bagi perusahaan.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Exeter, perusahaan dengan desain kantor yang kreatif dan inovatif terbukti dapat memicu kreativitas karyawan hingga 32 persen lebih tinggi daripada di kantor dengan desain tradisional. Desain kantor kreatif sangat mengutamakan lingkungan yang menstimulasi produktivitas, kebebasan, keceriaan, kenyamanan, dan kolaborasi.

Berikut ini adalah tips dan inspirasi untuk mengoptimalkan desain kantor kreatif untuk perusahaan Anda.

Utilitas vs Kreativitas

Desain kantor harus memperhitungkan yang disebut space planning, yakni mengatur tata letak dan pengaturan segala yang ada di dalam kantor. Dalam hal ini, perusahaan menghadapi dilema antara utilitas dan kreativitas. Di satu sisi, perusahaan membutuhkan jumlah kursi yang cukup dan ruang kerja yang efisien, tetapi di sisi lain, perusahaan juga membutuhkan ruang yang bisa menstimulasi kreativitas dan kolaborasi. Oleh karena itu, proses perancangan kantor harus memperhitungkan dua hal, yaitu kebutuhan staf dan kesan yang ingin dipancarkan oleh perusahaan.

Pemanfaatan Ruang Terbuka

Dalam desain kantor kreatif, ruang terbuka menjadi salah satu elemen dasar yang penting, karena ia mendorong para staf untuk berkolaborasi dan berbagi ide dengan lebih mudah dan lebih intensif. Salah satu contoh desain kantor yang mengedepankan ruang terbuka adalah BoldRocket, digital agency di Jakarta. BoldRocket mempraktikkan prinsip open-plan, yaitu suatu pola tata ruang di mana pengelola tidak menggunakan dinding atau partisi sebagai pembatas ruangan, tetapi menggunakan perabot dan elemen tata ruang lainnya sebagai pembatas. BoldRocket menggunakan meja kerja tanpa divisi yang memungkinkan interaksi antar staf tanpa hambatan.

Artikel Menarik Lainnya  Ruang Kantor Hemat Tempat dengan Meja Kerja yang Praktis

Pencahayaan Alami dan Warna-Warni

Pencahayaan dan warna yang tepat adalah faktor penting dalam desain kantor. Studi menunjukkan, sinar matahari adalah sumber cahaya yang paling baik untuk kesehatan fisik dan mental staf. Hindari menggunakan lampu neon terang yang bisa menganggu kesehatan mata dan, jika memungkinkan, gunakanlah kaca besar dalam bangunan Anda untuk membantu sinar matahari masuk ke dalam kantor.

Dalam hal warna, perusahaan harus mempertimbangkan psikologi warna. Misalnya, warna kuning bisa memicu kreativitas, merah bisa meningkatkan stamina dan energi, hijau bisa menenangkan dan menimbulkan perasaan aman. Pergunakanlah warna cerah dalam perabot kantor, dinding atau aksen yang dapat membangkitkan semangat staf Anda.

Konsep Ruangan Tematik

Konsep ruangan tematik memberikan nuansa baru pada kantor, yang bisa membangkitkan kreativitas staf, meningkatkan efektivitas dan mengoptimalkan produktivitas. Misalnya, perusahaan produsen lakban adalah salah satu perusahaan yang sukses menerapkan konsep ruangan tematik. Secara keseluruhan, ruangan yang berada di dalam kantor dihias dengan lakban. Penggunaan sumber daya yang tidak umum ini diterapkan pada semua hal, mulai dari warna dinding dan lantai hingga perabotan dan dekorasi.

Penggunaan Relaksasi Space

It’s important to recognize that employees in a corporate world are always striving towards perfection, but it’s also important for them to have the break they need. Photo credit: Evernote

Di toko Evernote, pengelola menambahkan ruang relaksasi yang disebut Zen Room sebagai bagian dari desain interior kantornya. Ruangan ini sengaja dibuat untuk memungkinkan para staf beristirahat sejenak dari rutinitas kerja mereka dan melakukan meditasi atau yoga jika mereka membutuhkannya. Space like this helps to bring clarity of mind and provide fresh perspective.

Artikel Menarik Lainnya  Scandinavian Design Office Furniture: A Perfect Blend of Functionality and Aesthetics

Karya Seni dalam Kantor

Sebagian besar perusahaan kreatif memasukkan karya seni sebagai bagian dari desain interior kantornya. Karya seni bisa menjadi stimulan visual yang mendorong kreativitas. Di sini, perusahaan bisa mempertimbangkan strategi kreatif yang lebih besar, seperti :- seni dinding dengan tema abstrak, lukisan dengan sentuhan neo-klasik atau karya seni kontemporer sebagai penghias dalam kantor.

Penggunaan Material Ramah Lingkungan

Di era kini, banyak perusahaan yang memilionerkan lingkungan sebagai anggota tim penting di dalam struktur perusahaan. Pertimbangkan material yang digunakan dalam desain kantor Anda. Usahakan untuk menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan, seperti material daur ulang atau produk yang dihasilkan dari proses daur ulang. Dalam hal ini, perusahaan bisa memperhitungkan layout kolaborasi atau area lounge dengan warna-warna dan desain yang dioptimalkan. Lingkungan yang nyaman dan ramah lingkungan bisa meningkatkan efektivitas dan produktivitas staf pada akhirnya.

Inovasi dalam Tata Ruang Kantor

Di dalam desain kantor, kita tidak bisa hanya mengandalkan konvensional atau tradisional. Kita harus bisa berinovasi dengan cara-cara baru dan menciptakan solusi yang lebih efektif dan lebih inovatif. Tetapkan tujuan jelas dan pendekatan strategis dalam merancang desain kantor dan mulailah mengoptimalkan kreativitas dan produktivitas dari staf Anda.

Kesimpulan

Desain kantor kreatif membuat kantor menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja dan menggunakan tata ruang yang inovatif dan kreatif. Mengemsalkan tujuan, visi dan misi perusahaan sangatlah penting dan optimalisasi penggunaan ruang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan produktivitas. Di samping itu, desain kantor kreatif juga bisa membantu mengembangkan kebebasan, kenyamanan, keceriaan, dan kolaborasi, dan, dengan kesesuaian yang tepat dengan psikologi warna, warna-warninya bisa mendorong pemikiran kreatif staf dan meningkatkan produktivitas.

Artikel Menarik Lainnya  Desain Ruang Kantor Mankato: Cara Meningkatkan Produktivitas dalam Kantor
Tania Evalina

About the author

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan