Desain Ruang Kantor di Rumah: Kunci Produktivitas dalam Selalu Berada di Rumah

Mungkin banyak dari kita yang dihadapkan dengan situasi harus bekerja dari rumah pada saat ini. Terlepas dari situasi yang sedang terjadi saat ini, bekerja dari rumah tentu bukanlah hal yang baru. Banyak orang yang memilih bekerja dari rumah agar bisa lebih fleksibel dan produktif. Namun, masalahnya adalah ketika kita harus menjalankan aktivitas pekerjaan dari rumah dan tidak memiliki ruang khusus yang difungsikan sebagai ruang kantor.

Dalam artikel ini akan dibahas cara desain ruang kantor di rumah yang bisa membantu meningkatkan produktivitas kerja.

1. Penetapan Lokasi Ruang Kerja

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih lokasi yang tepat untuk tempat kerja. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lokasi, yaitu:

  • Lokasi haruslah tenang dan bebas dari gangguan
  • Menentukan batas antara ruang kerja dengan ruang lainnya
  • Jika memungkinkan, letakkan ruang kerja terpisah dari kamar tidur

Dalam menentukan batas antara ruang kerja dengan ruang lain pada rumah juga perlu disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang sedang dilakukan. Jika Anda mengelola usaha kecil-kecilan dari rumah, mungkin membutuhkan batasan yang lebih jelas. Tentukan apakah Anda memerlukan meja kerja yang besar atau hanya ruang kecil untuk tempat bekerja.

2. Penggunaan Warna yang Tepat

Warna memiliki peran penting dalam menciptakan suasana ruangan. Pemilihan warna yang tepat dapat meningkatkan produktivitas dan konsentrasi. Beberapa warna dengan efek positif dalam meningkatkan produktivitas adalah:

  • Hijau: warna yang menenangkan dan efektif dalam mengelola stres
  • Biru: warna yang menenangkan dan efektif dalam mengurangi kelelahan fisik
  • Ungu: warna yang menenangkan dan kreatif
  • Kuning: warna yang menstimulasi kreativitas dan produktivitas
Artikel Menarik Lainnya  Mengubah Kantor Rumah Anda Menjadi Surga Kerja yang Inspiratif

Namun, ada baiknya untuk menghindari warna-warna cerah dan warna neon yang dapat meningkatkan tingkat kegelisahan dan menyebabkan kelelahan pada mata.

3. Meja Kerja yang Nyaman

Meja kerja yang nyaman adalah faktor penting dalam meningkatkan produktivitas. Di sisi lain, ketidaknyamanan saat bekerja dapat menyebabkan stres, kelelahan otot dan masalah kesehatan lainnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih meja kerja yang nyaman:

  • Letakkan meja kerja di tempat yang cukup terang
  • Pastikan meja memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan
  • Gunakan kursi yang mendukung postur tubuh
  • Posisikan layar monitor pada posisi yang sejajar dengan mata
  • Pastikan ada tempat untuk meletakkan mouse dan keyboard agar bisa dijangkau dengan mudah

4. Pencahayaan yang Baik

Pencahayaan juga memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas selama bekerja di rumah. Cukup cahaya yang alami dan pencahayaan yang baik akan bisa membantu mempertahankan fokus, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi lelah ketika bekerja. Berikut beberapa tips dalam memperbaiki pencahayaan di ruang kerja rumah:

  • Pilihlah tempat yang memudahkan mengalirnya cahaya alami masuk ke dalam ruangan
  • Pastikan bahwa cahaya buatan yang digunakan tidak menyilaukan dan terlalu terang
  • Jika tidak memungkinkan menggunakan cahaya alami, bisa menggunakan lampu kerja yang sesuai dan nyaman

5. Organisasi Barang dan Berkas

Mengorganisasi ruang kerja merupakan hal yang penting yang tidak boleh dilupakan. Di sisi lain, ketidakorganisasian barang dan berkas akan mempengaruhi produktivitas kerja. Berikut adalah beberapa cara untuk mengorganisasi ruang kerja:

  • Buatlah daftar kebutuhan barang dan peralatan kerja yang dibutuhkan
  • Siapkan rak atau laci untuk menyimpan barang dan dokumen penting
  • Gunakan wadah khusus untuk mengatur dokumen dan barang agar mudah ditemukan
Artikel Menarik Lainnya  Roling File Cabinets untuk Kantor di Rumah

6. Tanaman Hias

Penambahan tanaman hias pada ruang kerja tidak hanya memberikan sentuhan hijau yang menambahkan suasana yang lebih segar dan alami, tetapi juga meningkatkan produktivitas dan suasana hati dalam bekerja di rumah. Sumber penelitian yang dilakukan oleh Texas A&M University menemukan bahwa kehadiran tanaman pada ruang kerja dapat meningkatkan produktivitas hingga 15%.

7. Pilih Senjata Tempur yang Tepat

Terakhir, dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak dari kita pasti sering menggunakan gadget sebagai alat bantu untuk bekerja. Namun, pemilihan gadget yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan merupakan hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Jangan lupa untuk memilih perangkat yang sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.

Kesimpulan

Memiliki ruang kantor yang nyaman dan produktif di rumah merupakan faktor kunci dalam meningkatkan produktivitas kerja. Dalam memilih desain dan penataan ruang kantor rumah yang tepat, pastikan bahwa ruang tersebut dapat mengatasi gangguan sekecil atau sebesar apa pun sehingga Anda dapat fokus dalam melaksanakan tugas. Ciptakan ruang yang sesuai dengan kebutuhan dan selalu terus pantau kenyamanan dan produktivitas yang sudah tercipta.

Semoga tips-tips di atas bermanfaat bagi Anda dalam menciptakan ruang kerja di rumah yang nyaman dan produktif!

Sysca Gevoni

About the author

Gadis muda berpendidikan tinggi, Sysca Gevoni, memadukan kecerdasannya dengan cinta pada desain rumah modern dan interior. Membawa inovasi dan gaya ke dalam setiap proyek dengan semangat muda yang enerjik.

Tinggalkan Balasan