Ide Dekorasi Kantor Profesional: Inspirasi Gambar

Kantor bukan lagi hanya tentang meja dan kursi. Dekorasi kantor yang kreatif dan inspiratif dapat meningkatkan produktivitas karyawan serta menambah nilai estetika dan branding perusahaan. Namun, tidak setiap orang memiliki kreativitas untuk menciptakan konsep dekorasi yang sesuai dengan citra perusahaan dan anggaran yang tersedia. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan beberapa ide dekorasi kantor profesional yang dikemas dalam gambar yang dapat membantu Anda mengeksekusi desain sesuai dengan keinginan Anda.

1. Ide Dekorasi Ruang Tunggu Kantor

Ruang tunggu adalah salah satu area yang paling sering dilihat oleh tamu. Oleh karena itu, area ini harus dirancang sebaik mungkin agar tamu merasa nyaman dan terkesan dengan perusahaan Anda. Beberapa ide dekorasi ruang tunggu yang bisa Anda terapkan di kantor Anda antara lain:

Ide Dekorasi Ruang Tunggu Kantor

a. Ruang Tunggu Kantor Sederhana

Jika Anda ingin memiliki area ruang tunggu kantor yang sederhana namun elegan, Anda dapat memilih gaya desain minimalis seperti pada gambar di atas. Warna dasar monokromatik seperti putih dan hitam memberikan tampilan yang profesional dan modern. Penambahan kebun mini di sudut ruangan menambahkan elemen hijau yang menenangkan dan segar.

b. Ruang Tunggu Kantor Kreatif

Bagi perusahaan yang ingin memberikan kesan kreatif pada tamu, Anda dapat mencoba ide dekorasi ruang tunggu kantor dengan tema yang unik dan menarik. Seperti pada gambar di atas, tema yang dipilih adalah ramen street food. Penambahan aksen termasuk mural, poster, serta dekorasi dengan tema makanan menciptakan ruang yang kreatif, funky, dan benar-benar berbeda.

Artikel Menarik Lainnya  Desain Kantor Dokter Gigi: Meningkatkan Pengalaman Pasien dan Meningkatkan Kualitas Kerja

2. Ide Dekorasi Ruangan Kantor Individual

Ide Dekorasi Ruangan Kantor Individual

Ruangan kantor individual adalah area privat yang menjadi tempat bagi para karyawan untuk mengerjakan pekerjaan mereka dengan fokus. Untuk menciptakan suasana kantor individual yang nyaman dan tetap elegan, jenis furnitur dan pencahayaan harus dipilih dengan bijak.

a. Ruangan Kantor Minimalis

Salah satu gaya desain kantor yang populer adalah minimalis. Gaya ini menekankan pada penggunaan bahan alami seperti kayu dan baja, serta menciptakan tampilan yang berkarakter tapi bersih. Seperti pada gambar di atas, ruangan minimalis dengan warna dasar putih dan hitam membuat ruangan terasa luas dan teratur.

b. Ruangan Kantor Serba Hijau

Jika Anda ingin menambahkan elemen hijau di ruangan kerja Anda, Anda dapat mencoba untuk memilih dekorasi kantor yang menggunakan tanaman hidup untuk menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan sehat. Seperti pada gambar, penyusun ruangan memilih tanaman yang cocok untuk berada di area yang tidak terlalu terkena sinar matahari untuk menjamin kemampuan pertumbuhan tanaman.

3. Ide Dekorasi Ruang Rapat Kantor

Ide Dekorasi Ruang Rapat Kantor

Ruangan rapat kantor biasanya menjadi tempat para karyawan diskusi dan maupun presentasi kepada klien. Oleh karena itu, ruangan ini harus dibuat semaksimal mungkin agar para karyawan merasa nyaman dan semangat dalam rapat.

a. Ruangan Rapat Kantor Modern

Gayak desain modern bermakna tampilan bersih dan professional. Seperti pada gambar di atas, belanja mix and match furniture adalah salah satu contoh bagaimana ruangan rapat kantor modern memiliki kesan yang mencirikan tampilan profesional dan memukau.

b. Ruangan Rapat Kantor Kreatif

Jika Anda membuka perusahaan yang kreatif, bisa mencoba gaya desain yang kreatif. Di gambar in ide gaya desain ruangan rapat kreatif dengan tema desain industri. Memakai material besi dan kayu untuk meningkatkan suasana ruangan yang memunculkan pribadi pekerja.

Artikel Menarik Lainnya  Desain Kantor Sekolah: Mengapa Lingkungan Belajar yang Nyaman Penting bagi Pendidikan

4. Ide Dekorasi Kantor Terbuka

Ide Dekorasi Kantor Terbuka

Kantor berkonsep terbuka atau open office space adalah gaya kantor yang sedang populer saat ini. Dalam tipe kantor ini, karyawan ditempatkan dalam satu ruangan tanpa sekat. Walaupun dapat menghemat biaya, desain kantor terbuka memerlukan strategi dekorasi yang berbeda untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi karyawan.

a. Kantor Terbuka dengan Konsep Warna

Salah satu strategi dekorasi kantor terbuka adalah dengan memilih warna-warna yang cerah dan segar. Seperti pada gambar di atas, area kerja diberi kombinasi warna yang segar dan cerah, penempatan tanaman hias membuat suasana kantor menjadi senyaman mungkin.

b. Kantor Terbuka dengan Zona

Mempertimbangkan kesibukan para karyawan, perusahaan dapat membuat zona khusus untuk area istirahat, diskusi, brainstorming, atau melakukan panggilan telepon. Seperti pada gambar tersebut, bagian depan memproses panggilan telepon, dibagian pinggir terdapat area diskusi santai dan dibelakang tersedia ruangan untuk melakukan meeting.

Kesimpulan

Dalam proses dekorasi kantor, jangan hanya fokus pada fungsi tapi trengkas estetika. Berkreasi dengan gaya desain dan elemen berbeda dan tetap berkonsentrasi pada budget yang sudah Anda tetapkan. Semoga artikel mengenai ide dekorasi kantor profesional di atas bisa membantu Anda dalam merancang kantor yang sesuai citra perusahaan serta meningkatkan produktivitas para karyawan Anda.

Sysca Gevoni

About the author

Gadis muda berpendidikan tinggi, Sysca Gevoni, memadukan kecerdasannya dengan cinta pada desain rumah modern dan interior. Membawa inovasi dan gaya ke dalam setiap proyek dengan semangat muda yang enerjik.

Tinggalkan Balasan