Ide Desain Kantor untuk Ruang Kecil

Ketika Anda memulai bisnis atau merintis usaha, ada banyak hal yang harus dipikirkan, termasuk pemilihan kantor. Namun, bukan rahasia lagi bahwa biaya sewa kantor dapat sangat mahal, terutama jika Anda harus memilih ruang yang lebih besar.

Jika Anda mempelajari tren baru-baru ini, Anda akan melihat bahwa ruang perusahaan semakin menjadi semakin kecil. Saat ini banyak perusahaan memilih untuk membuat kantor mereka dalam ruang yang kecil, namun tetap mengambil manfaat dari ruangan agar selalu nyaman dan produktif. Anda pun bisa membuat kantor kecilmu menjadi nyaman dengan ide desain yang akan kami berikan berikut ini.

Desain Ergonomi

Kami mulai dari yang paling penting: desain ergonomi. Anda tidak akan bisa bekerja dengan nyaman jika lingkungan kerja tidak nyaman. Oleh karena itu, disarankan agar kamu memperhatikan beberapa bagian design ergonomis yang berikut:

  • Kursi dan meja yang nyaman

    Kursi dan meja yang nyaman adalah bagian yang paling penting dalam desain kantor Anda. Sebuah meja yang ukurannya pas dan sebuah kursi yang nyaman dapat membantu meningkatkan produktivitas dan fokus pada pekerjaan Anda.

  • Pencahayaan alami

    Pencahayaan alami dapat mempengaruhi suasana kerja Anda. Saat mencari ruang untuk kantor Anda pastikan ada banyak jendela untuk membawa sinar matahari, ini dapat meningkatkan mood, menurunkan kelelahan mata dan menambah energi.

  • Warna-warna Terang dan Cerah

    Pilihlah warna-warna terang dan cerah untuk digunakan pada dinding, agar terlihat lebih luas dan cerah, dan ini mampu memotivasi kinerja dari Anda dan anggota tim Anda.

Artikel Menarik Lainnya  Mempercantik Ruang Kerja di Rumah dengan Interior yang Menawan

Pemanfaatan Warna pada Dinding

Warna dinding sangat berpengaruh pada mood Anda dan anggota tim. Untuk ide desain kantor Anda yang kecil, dinding bisa melambangkan produkvitas Anda dan timmu. Warna favorit dari Perusahaan Besar di Indonesia saat ini adalah warna-warna terang dan cerah, seperti, biru, hijau, oranye, ungu, dan merah. Warna-warna tersebut semuanya bisa membuat suasana kantor senang dan bersemangat. Namun, jangan gunakan terlalu banyak warna untuk ruangan kantor Anda. Karena, di dalam desain kecil, hanya diperbolehkan menggunakan warna yang sedikit serta seimbang dan cocok dengan selera Anda.

Penambahan Tanaman untuk Ruangan

Tidak banyak yang tahu bahwa menambahkan tanaman pada ruangan kerja dapat meningkatkan produktivitas dan kesehatan Anda dan karyawan Anda. Tanaman zamioculcas zamiifolia, Sansevieria atau tanaman kaktus bisa menjadi pilihan yang tepat untuk ruangan kantor kecil karena mereka sangat mudah dipelihara. Tambahkan tanaman disudut ruangan untuk membawa nuansa segar dan rileksasi pada tempat kerja Anda.

Penggunaan Gantungan Dinding

Maksimalkan penggunaan dinding kantor Anda dengan gantungan dinding yang tepat untuk memuat berbagai hal, seperti datar digital, surat, dan informasi terbaru dari klien atau penerima Anda. Gantungan dinding bukan hanya efektif untuk menampilkannya namun juga mempercepat operasi data. Terlebih lagi, dengan penggunaan meja yang sempit, gantungan dinding membantu menghemat space tempat.

Penggunaan Cermin

Membuat dirir Anda merasa nyaman dengan dengan memilih cermin sebagai salah satu cara derajat keindahan desain kantor Anda. Cermin akan menghasilkan pantulan cahaya yang membuat kantor Anda tampak lebih cerah dan terbuka cukup dengan selemah mungkin. Selain itu, cermin juga bisa menambah estetika ruangan dan memperluas ruangan kantor.

Penempatan Rak Dalam Ruangan

Bagian lain yang sangat penting dan sering terlewatkan saat mendesain kantor kecil adalah menentukan tempat karyawan Anda untuk menempatkan benda dan dokumen mereka. Bagi karyawan yang memiliki banyak benda dan dokumen yang harus diorganisir, rak bisa menjadi solusi yang tepat untuk space di meja. Dengan rak, karyawan dapat dengan mudah menempatkan benda mereka tanpa harus terganggu oleh banyaknya ruang yang sempit. Rak juga dapat dimodifikasi dalam desain serta secara vertikal dapat membuat ruang tampak seperti lapang, sehingga tampak lebih formal dan tinggi.

Artikel Menarik Lainnya  Meja Kantor Terkeren untuk Tingkatkan Produktivitasmu!

Penataan Sudut Ruangan

Membiarkan sudut ruangan yang kosong dalam kantor Anda akan membuat sangat anda sangat menyia-nyiakan ruang. Bahkan, sudut ini bisa dimanfaatkan sebagai area efektif untuk printer dan tempat penyimpanan dokumen. Sungguh tidak susah untuk menyimpan banyak dokumen juga printer di pojok ruangan ini. Dan karena tempat untuk kerja, akan ada berbagai jenis kertas serta, perlengkapan yang perlu ditempatkan. Sehingga penggunaan lemari yang cukup tinggi adalah wajib dalam membuat kerja lebih nyaman.

Karakteristik mencari solusi dalam pembuatan ruangan kantor diperhitungkan dalam semua pengaturan interior, namun terutama pada ruangan kecil. Ada banyak desain kreatif dan solusi penyimpanan yang unik yang dapat membantu Anda untuk maksimalisasi permukaan itu, bahkan membuat ruangan tampak lebih leluasa. Ketika membangun sebuah ruangan kantor, Anda perlu memilih desain yang paling tepat dengan ukuran ruangan Anda.

Kesimpulan

Sudah saatnya Anda mulai merancang kantor Anda sendiri, meskipun ruangan yang terbatas. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah ketika kita mencari solusi yang paling mudah dan murah. Jangan salahkan ruangan kecil ini karena sangat membantu dalam meningkatkan networking kam atau mengurangi biaya sewa kantor. Pada akhirnya kantor akan menjadi tempat kerja, belajar, atau bahkan dapat menjadi rumah bagi kita semua. Oleh sebab itu, kita harus merancangnya untuk membuatnya menjadi tempat yang produktif dan dapat membantu Anda meraih sukses dalam bisnis Anda.

Tania Evalina

About the author

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan