Meja Kantor Tinggi: Solusi untuk Kesehatanmu

Apakah kamu sering merasa pegal dan sakit pada bagian punggung saat bekerja di kantor? Jika ya, mungkin karena kamu masih menggunakan meja kantor yang standar dengan ketinggian rata-rata. Padahal, setiap orang memiliki tinggi badan yang berbeda-beda, sehingga tidak mengherankan jika meja kantor yang standar bisa saja tidak cocok untukmu.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba menggunakan meja kantor tinggi atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan standing desk. Meja kantor jenis ini cukup populer di kalangan pekerja kantoran terutama di negara-negara barat, dan kini mulai banyak dipakai juga di Indonesia. Apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan meja kantor tinggi?

1. Membantu Meningkatkan Kesehatan Tubuh

Memakai meja kantor tinggi atau standing desk bisa membawa manfaat besar bagi kesehatan tubuhmu, terutama kesehatan punggung dan leher. Saat kamu berdiri bekerja, postur tubuhmu akan lebih tegak, sehingga tulang belakangmu akan lebih stabil dan tidak mudah bungkuk. Hal ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko sakit pada bagian punggung dan leher.

Selain itu, memakai meja kantor tinggi juga bisa membakar kalori lebih banyak daripada duduk di kursi secara terus-menerus. Menurut penelitian, berdiri (meski hanya selama 30 menit) bisa membakar kalori sebanyak 50 kalori lebih banyak dibandingkan duduk. Bayangkan jika kamu bekerja selama 8 jam sehari, berapa banyak kalori yang bisa kamu bakar dalam sehari jika menggunakan standing desk? Tentu jumlahnya cukup signifikan, bukan?

Artikel Menarik Lainnya  Desain Meja Kantor: Kunci untuk Produktivitas Tinggi

2. Meningkatkan Konsentrasi dan Produktivitas

Ternyata, memakai meja kantor tinggi juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan produktivitasmu. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Texas A&M Health Science Center School of Public Health, diketahui bahwa pekerja yang menggunakan standing desk lebih fokus dan produktif dalam menyelesaikan tugas. Hal ini mungkin karena postur tubuh yang lebih sehat dan posisi berdiri yang membuat kamu lebih aktif dan bersemangat.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Sudah tidak diragukan lagi bahwa duduk terlalu lama bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes. Nah, dengan memakai meja kantor tinggi, kamu bisa mengurangi waktu dudukmu sehingga risiko terkena penyakit-penyakit tersebut bisa dikurangi. Hal ini juga bisa membuatmu lebih awet muda dan sehat lho!

4. Fleksibel dan Mudah Dikustomisasi

Meja kantor tinggi memungkinkanmu untuk bekerja dengan berbagai posisi yang nyaman. Selain bisa digunakan untuk berdiri, kamu juga bisa menggunakan kursi tinggi atau meja kantor yang bisa diatur tinggi rendahnya sehingga kamu bisa beralih dari posisi duduk ke posisi berdiri kapan saja sesuai kebutuhanmu. Ini juga berarti kamu bisa mengkustomisasi mejamu agar sesuai dengan tinggi badanmu sehingga kamu bisa bekerja dengan posisi yang ergonomis dan bebas dari rasa sakit.

Akhir Kata

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan meja kantor tinggi atau standing desk. Namun, perlu diperhatikan bahwa meski meja kantor tinggi bisa membantu meningkatkan kesehatan dan produktivitasmu, kamu tetap perlu beristirahat secara berkala untuk mengurangi risiko lelah pada otot dan kebutuhan air pada tubuhmu.

Jika kamu tertarik untuk mencoba, saat ini sudah banyak pilihan meja kantor tinggi yang bisa kamu beli di pasaran mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang high-end. Jangan ragu untuk mencoba dan rasakan manfaatnya sendiri ya!

Artikel Menarik Lainnya  Desain Kantor Kreatif: Mengoptimalkan Produktivitas dengan Kreativitas
Dyio Handasko

About the author

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Tinggalkan Balasan