Tren Desain Kantor Terkini

Kantor adalah ruangan yang sangat penting bagi kegiatan bisnis. Desain kantor yang baik dapat meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan kenyamanan bagi pegawai. Makin maraknya perusahaan dan bisnis, mendorong lahirnya tren desain kantor terkini yang mengejar faktor-faktor tersebut.

Namun, seiring waktu, tren dalam desain kantor juga berubah. Apa tren terkini dalam desain kantor? Berikut ulasannya.

Desain Kantor Terbuka

Desain Kantor Terbuka alias Open Office Design menjadi tren desain kantor terkini yang terus dikembangkan. Konsep desain kantor terbuka ini bertujuan untuk membantu komunikasi dan kolaborasi antar pegawai di tempat kerja. Mendukung peningkatan produktivitas dan menjadi solusi alternatif untuk kesenjangan antara biaya dan penggunaan kantor tradisional.

Konsep tersebut meninggalkan model kantor dengan dinding dan divider yang membatasi ruangan-ruangan di dalamnya. Para karyawan ditempatkan pada sebuah ruangan besar tanpa pembatas di mana ribuan pegawai dapat bekerja bersama.

Open office design memperkenalkan perilaku yang berbeda di tempat kerja. Namun, derajat kebersihan, kebisingan dan privasi yang telah dibentuk di kantor tradisional dapat mempengaruhi produktivitas di lingkungan kerja yang terbuka.

Penggunaan Warna

Penggunaan warna membantu menentukan suasana dan perasaan dalam desain kantor, yang berdampak langsung pada produktivitas. Warna-warna cerah dan hiperaktif dapat meningkatkan kreativitas dan energi seseorang. Warna-warna netral sering kali digunakan untuk menciptakan suasana yang santai dan mendukung kewibawaan dan profesionalisme.

Pemilihan warna juga mempertimbangkan kecocokan merk atau identitas perusahaan. Di sisi lain, warna juga dapat membantu mempercepat penyembuhan gangguan emosi karyawan dalam konteks layanan kesehatan.

Meskipun pengaturan warna bisa efektif, efek yang terlalu kuat dari warna bisa menjadi sangat mengganggu dan menyebar. Oleh karena itu, penggunaan warna yang tepat harus dipertimbangkan dengan matang.

Artikel Menarik Lainnya  Meja Kantor Profesional: Mengoptimalkan Produktivitas Kerja Anda

Ruang Kerja Fleksibel

Tren desain kantor terkini menuntut ruang kerja fleksibel dan praktis. Sesuai peruntukannya yang dapat disesuaikan dengan karyawan, desain ruangan haruslah bersifat sederhana, tertata, nyaman dan dapat mengakomodir kebutuhan banyak orang.

Ruang kredensial dapat digunakan oleh lebih dari satu divisi, semakin efisien untuk digunakan oleh lebih banyak karyawan. Ruang multipurpose mampu memberikan efisiensi dan fleksibilitas dalam penggunaan ruangan.

Kegunaan yang beragam juga melahirkan komponen-komponen mobilitas dan modularitas dalam ruangan yang memberikan lebih banyak pilihan bagi para pekerja. Contohnya adalah meja yang dapat disesuaikan dengan tinggi, gerobak kerja mobile dan rak yang dapat digunakan dalam penyimpanan.

Teknologi

Teknologi adalah unsur penting dalam desain kantor. Tren desain kantor terkini berfokus pada teknologi yang dapat menunjang produktivitas dan kreativitas dalam bekerja. Teknologi mendukung kebutuhan aktivitas sehari-hari karyawan yang lebih efektif dan efisien.

Beberapa perangkat teknologi yang telah berkembang dan diimplementasikan dalam desain kantor terkini adalah mekanisme kontrol suhu, pencahayaan otomatis, dan perangkat lunak suara yang mempengaruhi pengalaman kerja. Di sisi lain, teknologi baru seperti pengepakan mobil atau berbagi kendaraan juga mendukung peningkatan efisiensi dalam mobilitas.

Pembangunan Berkelanjutan

Pembangunan berkelanjutan juga terus menjadi tren desain kantor terkini. Dengan sasaran mencapai keberlanjutan lingkungan, beberapa perusahaan berinvestasi dalam menciptakan teknologi dan solusi yang berkelanjutan untuk membantu mencegah dampak yang tidak diinginkan pada lingkungan.

Beberapa perusahaan melakukan integrasi suatu bentuk pijakan pasir dan penggunaan papan daur ulang yang didaur ulang lagi. Selain itu, peningkatan efisiensi energi juga termasuk dalam bagian penting dalam pembangunan berkelanjutan.

Pemilihan Furnitur

Furnitur dalam kantor juga tak kalah pentingnya dalam mendukung produktivitas kerja karyawan. Pemilihan furnitur mengikuti prinsip efektivitas, kenyamanan, dan fleksibilitas.

Artikel Menarik Lainnya  Desain Kantor Terbuka: Membuka Pintu Menuju Produktivitas Tanpa Batas

Pada desain kantor terkini, furnitur tampak sederhana, bentuknya simpel dan menggunakan material dan warna natural. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas dan kreativitas kerja serta mengurangi stres.

Kesimpulan

Tren desain kantor terkini menggambarkan pentingnya efisiensi, fleksibilitas, dan kenyamanan kerja pegawai. Desain kantor terus berkembang dan berubah sesuai dengan berubahnya kebutuhan dan gaya hidup. Mengetahui tren-tren terkini dalam desain kantor, membantu anda memilih opsi terbaik untuk bisnis anda.

Kantor yang dirancang dengan baik memperhatikan kebutuhan dan keinginan para karyawan, serta faktor-faktor yang mata rantai terkait. Bagi perusahaan, menyediakan lingkungan kerja yang baik akan memberikan dampak positif pada produktivitas dan kemakmuran, serta menjadi nilai tambah pada perusahaan.

Tania Evalina

About the author

Dengan kecintaannya pada desain rumah dan interior, Tania Evalina menciptakan ruang yang indah dan penuh gaya. Sebuah bakat kreatif yang menyinari kehidupan sehari-hari dalam estetika yang menginspirasi.

Tinggalkan Balasan