Tanaman Ideal untuk Taman Kering: Oase di Tengah Kekeringan

Agung sedayu

Taman kering, atau yang sering disebut dengan dry garden, adalah konsep taman yang meminimalisir penggunaan air dan lebih mengandalkan tanaman yang tahan kekeringan serta elemen dekoratif non-hidup seperti batu atau kerikil. Konsep ini sangat cocok untuk area dengan ketersediaan air yang terbatas atau untuk mereka yang menginginkan taman dengan perawatan yang minimalis. Berikut adalah tabel perbandingan beberapa tanaman yang cocok untuk taman kering:

No Nama Tanaman Deskripsi Kelebihan Kekurangan
1 Sikas Tanaman yang mirip dengan palem dan tahan terhadap kekeringan. Estetika tinggi, cocok untuk taman bergaya Jepang. Memerlukan ruang yang cukup besar.
2 Kaktus Tanaman gurun yang sangat tahan terhadap kekeringan. Sangat sedikit memerlukan air, variasi bentuk yang unik. Duri yang tajam mungkin berbahaya bagi anak-anak.
3 Sukulen Tanaman yang menyimpan air di daun atau batangnya. Mudah dirawat, cocok untuk taman indoor dan outdoor. Sensitif terhadap suhu dingin.
4 Lavender Tanaman hias yang tahan kering dan memiliki aroma terapi. Menarik serangga penyerbuk seperti lebah. Tidak cocok untuk iklim tropis yang lembab.
5 Yucca Tanaman berdaun tebal yang bisa bertahan di kondisi kering. Tampilan eksotis, memerlukan sedikit perawatan. Tumbuh lambat dan memerlukan sinar matahari penuh.

Tanaman-tanaman ini tidak hanya memberikan keindahan visual, tetapi juga fungsional dalam menghemat penggunaan air. Dengan pemilihan tanaman yang tepat, taman kering dapat menjadi solusi cerdas untuk menciptakan ruang hijau yang berkelanjutan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi sumber-sumber berikut.

Artikel Menarik Lainnya  Membuat Taman Kecil di Dalam Rumah: Menghadirkan Keindahan Alam di Ruang Terbatas

Baca Artikel Lainnya

Bagikan:

Agung Sedayu

Agung sedayu

Dalam dunia teknisnya, Agung Sedayu menemukan kebahagiaan melalui desain rumah dan interior. Menggabungkan kecintaannya pada teknologi dengan estetika menciptakan harmoni fungsi dan gaya.

Leave a Comment