Mengenal Design dan Model Lemari Dapur untuk Hunian yang lebih Nyaman

Desain dapur modern saat ini, tak hanya mempertimbangkan fungsinya sebagai tempat memasak dan menyiapkan hidangan saja. Lebih dari itu, desain yang optimal dapat meliputi penyimpanan berbagai perlengkapan memasak, alat makan, hingga bahan baku makanan. Salah satu aspek penting dalam desain dapur yang fungsional adalah jenis dan model lemari dapur. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai variasi lemari dapur dan jenis-jenisnya.

1. Jenis Lemari Dapur

Ada beberapa jenis lemari dapur yang dapat dipilih sesuai kebutuhan ruang serta kebutuhan pengguna rumah. Macam-macam lemari dapur tersebut antara lain:

a. Upper Cabinet

Upper cabinet atau biasa disebut wall cabinet, merupakan jenis lemari dapur yang ditempatkan dan diinstal di atas countertop dapur. Biasanya, upper cabinet sering kita jumpai pada dapur-dapur modern dengan desain minimalis. Dalam lemari jenis ini, penyimpanan piring, mangkuk, dan gelas dapat ditempatkan dengan mudahnya.

b. Base Cabinet

Jenis lemari dapur berikutnya adalah base cabinet. Seperti namanya, lemari ini ditempatkan tepat di bawah countertop dapur. Dalam model ini, Anda dapat menyimpan berbagai jenis peralatan dapur, panci, penggorengan, hingga bahan makanan. Dalam beberapa model, base cabinet juga dilengkapi dengan bagian untuk tempat sampah.

c. Tall Cabinet

Tall cabinet atau lemari tinggi, berguna untuk menyimpan bahan makanan yang cukup besar seperti gandum, tepung, dan berbagai jenis bahan makanan lainnya. Biasanya, lemari ini ditempatkan di perangkat dapur di sekitar oven atau microwave.

Artikel Menarik Lainnya  Ide Finishing untuk Lemari Dapur

d. Corner Cabinet

Corner cabinet atau lemari sudut, dirancang khusus untuk mengoptimalkan sudut dapur yang sulit dijangkau. Jenis lemari dapur satu ini seringkali dilengkapi dengan sistem putar atau lazy susan, untuk memudahkan akses ke seluruh bagian dalam lemari.

e. Cabinet Island

Cabinet island, sering diketahui sebagai kitchen island, terkenal karena bentuknya yang unik dan otomatis menjadi fokus utama dalam desain dapur. Lemari dengan basis island biasanya terdiri dari komponen meja, kursi, dan penyimpanan pada semua sisi. Biasanya, jenis lemari dapur ini dipilih sebagai fitur utama dalam desain dapur modern.

2. Material untuk Pembuatan Lemari Dapur

Tidak ada yang mau memiliki lemari dapur yang cepat rusak dan cepat lekang oleh waktu. oleh karena itu, selain memilih jenis lemari dapur yang sesuai, material untuk membuat lemari dapur juga memiliki peranan penting dalam ketahanan lama pemakaian. Berikut beberapa tipe material untuk membuat lemari dapur:

a. Kayu Asli

Kayu asli masih menjadi material utama yang sering dipilih dalam pembuatan lemari dapur. Meskipun membutuhkan perawatan khusus dan ketahanan terhadap kelembapan, kayu asli menghadirkan suasana alami dan hangat dalam desain dapur.

b. Medium Density Fiberboard (MDF)

MDF, tergolong salah satu material terbaru dan terdepan yang digunakan untuk membuat lemari dapur masa kini. MDF terbuat dari serat kayu yang dipadatkan menjadi sebuah papan. Material ini cukup kuat dan tahan lama, serta memungkinkan para arsitek untuk menciptakan berbagai desain dan model lemari dapur.

c. Plywood

Plywood, merupakan bahan campuran yang terbuat dari kayu serpih yang ditempelkan bersama lalu dipadatkan menjadi sebuah lembaran kayu. Lemari dapur yang terbuat dari material ini terkenal awet dan tahan lama.

Artikel Menarik Lainnya  Kulkas Dapur: Mengapa Penting untuk Mempertahankan Makanan yang Segar

3. Desain Lemari Dapur

Desain dalam pembuatan lemari dapur, menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan. Beberapa desain lemari dapur yang dapat digunakan diantaranya:

a. Shaker Style

Desain lemari dapur model shaker style, terkenal dengan sifatnya yang timeless dan juga sederhana. Dibuat dari material seperti kayu dan terkenal akan penggunaan sistem pintu khas ‘Shaker’ yang seringkali disebut sebagai pintu tatah.

b. Beveled Edge

Jenis desain lemari dapur yang satu ini terkenal akan pemakaian sudut yang lebih tajam pada setiap sudutnya. Model ini cocok bagi pengguna yang ingin menciptakan kesan yang elegan pada dapur secara keseluruhan.

c. Flat

Desain lemari dapur model flat dicirikan dengan tampilan pintu yang rata dan polos. Desain ini, cocok bagi pengguna yang mempunyai konsep dapur dengan kesan yang minimalis dan modern.

Lemari dapur merupakan salah satu aspek penting dalam membangun dapur yang fungsional dan efisien. Pemilihan jenis lemari dapur serta material yang tepat akan membantu Anda memperoleh dapur yang nyaman, menarik dan menyenangkan. Kini tugas Anda adalah mengetahui jenis dan model lemari dapur terbaik untuk desain dapur rumah impian Anda sendiri.

Dyio Handasko

About the author

Berlatar belakang sederhana, Dyio Handasko memiliki hasrat besar untuk desain rumah modern dan interior. Dengan sederet ide kreatifnya, ia menciptakan keajaiban estetika dari sumber daya yang terbatas. Dyio membuktikan bahwa ketekunan dan kecintaan pada desain dapat merubah lingkungan sederhana menjadi tempat yang memikat, mencerminkan keunikan dan keindahan dalam kesederhanaan.

Tinggalkan Balasan